www.kapurnews.com
 
Stres Mikirin Utang? Coba Selesaikan Cara Ini
Senin, 05-02-2018 - 09:33:14 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Stres Mikirin Utang? Coba Selesaikan Cara Ini
  •  

    KapurNews.com - Utang menjadi kasus serius yang dapat memengaruhi kondisi finansial. Utang timbul karena jumlah pengeluaran tidak sebanding dengan jumlah pendapatan yang dapat menimbulkan rasa khawatir, bahkan stres.

    Namun, kalau khawatir dan stres terus-menerus, utang tidaklah akan beres. Ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan agar utang segera lunas. Berikut ini tips cepat melunasi utang yang perlu diterapkan.

    1. Cairkan Aset yang Dimiliki
    Berapa banyak aset yang Anda miliki saat ini? Ada banyak aset yang mungkin berhasil Anda kumpulkan selama bekerja. Coba cairkan beberapa dari jumlah aset yang dimiliki untuk membayar utang. Agar jumlah aset yang dicairkan tidak mubazir, ada baiknya hitung jumlah utang yang akan dibayarkan dengan aset tersebut.

    Merelakan aset untuk membayar utang memang tidak semudah yang dikatakan. Namun, bagaimana pun juga, utang itu tetap harus dibayar jika tidak ingin jumlahnya semakin membengkak.

    2. Gunakan Tabungan
    Sama halnya seperti aset, tabungan dibuat untuk tujuan tertentu. Misalnya, beli rumah baru, apartemen, mobil, atau mungkin simpanan untuk pensiun. Tabungan juga bisa digunakan untuk melunasi cicilan utang yang mulai menumpuk. Caranya dengan mencairkan sejumlah uang yang ada di bank.

    Tabungan menjadi opsi kedua jika aset yang dimiliki tidak cukup untuk membayar utang. Namun, jika jumlah aset sudah mencukupi, Anda tidak perlu lagi mencairkan tabungan.

    3. Menghitung dan Mencicil Sisa Utang
    Jumlah utang mungkin sudah berkurang setelah Anda mencairkan aset dan tabungan. Selanjutnya, Anda perlu menghitung sisa utang yang dimiliki agar lebih fokus untuk membayar utang. Buatlah catatan khusus atau pembukuan utang, lengkap dengan nama debiturnya.

    4. Tetap Berpandangan Positif
    Hidup diselimuti utang tidak perlu diambil pusing, apalagi sampai stres segala. Anda tetap harus berpandangan positif dan percaya kalau semua masalah dapat terselesaikan, termasuk utang. Yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara untuk lebih berhemat agar utang segera lunas.

    Apabila Anda memiliki keinginan untuk shopping atau liburan ke luar negeri, tundalah keinginan tersebut karena masih banyak hal yang perlu dibenahi dibandingkan memenuhi keinginan. Dengan berpandangan positif, hidup Anda jauh lebih tenang dibandingkan sebelumnya. Anda juga dapat termotivasi untuk melunasi utang-utang tersebut hingga lunas.

    5. Susun Rencana Keuangan
    Sembari melunasi utang, Anda bisa mulai menyusun anggaran alias rencana keuangan yang baru. Anggaran ini berisi pendapatan bersih yang Anda terima setiap bulan dan alokasi dananya setiap bulan. Fokuslah pada anggaran yang telah dibuat, aturlah budget dengan memprioritaskan pembayaran utang.

    Apa yang dituliskan dalam rencana keuangan sebaiknya dipatuhi dengan baik. Hindari untuk melenceng dari anggaran karena hal ini hanya akan membuat utang semakin menumpuk dan lama dalam pelunasannya.

    6. Ubah Gaya Hidup
    Gaya hidup menjadi pemicu utang. Mulai dari sekarang ubahlah gaya hidup. Jika dulunya Anda suka makan siang di luar, ubahlah dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Begitu juga dengan kebiasaan konsumtif pada akhir pekan, ada baiknya mulai dikurangi. Uang yang tadinya Anda pakai untuk hal-hal konsumtif sebaiknya ditabung untuk melunasi utang.

    7. Istirahat yang Cukup
    Utang memang paling bisa membuat stres dan tidak bergairah dalam menjalani hidup. Namun, Anda perlu memikirkan kondisi kesehatan. Apabila Anda sakit, siapa yang akan melunasi utang-utang tersebut? Sesulit apa pun kondisi keuangan saat ini, istirahatlah dengan cukup agar tubuh kembali fit. Jangan lupa untuk minum vitamin sebelum atau sesudah bekerja untuk menambah stamina.

    8. Lunasi Utang secara Perlahan
    Melunasi utang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak rintangan dan godaan yang mungkin Anda temukan saat proses melunasi utang. Sebanyak apa pun utang, lunasi secara perlahan. Memang proses pelunasan utang memakan waktu yang lama dan proses yang panjang. Namun, Anda harus tetap bersabar. Lakukan tips di atas agar utang-utang segera lunas. (*)

    Okezone




     
    Berita Lainnya :
  • Stres Mikirin Utang? Coba Selesaikan Cara Ini
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved