www.kapurnews.com
 
Ini Daftar Makanan yang Tak Disarankan bagi Ibu Hamil
Minggu, 28-01-2018 - 08:48:03 WIB

TERKAIT:
 
  • Ini Daftar Makanan yang Tak Disarankan bagi Ibu Hamil
  •  

    KapurNews.com - Menjaga kesehatan, salah satunya dengan memerhatikan asupan makanan adalah hal wajib untuk dilakukan semua orang. Terlebih lagi jika dalam kondisi hamil.

    Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat ada beberapa jenis makanan yang diketahui tidak boleh dimakan ibu hamil karena ada kemungkinan bisa membuat sang ibu sakit atau membahayakan bayi Anda.

    Maka dari itu, seorang wanita mengandung alias ibu hamil harus memastikan tahu betul mana saja jenis makanan yang tidak boleh dimakan. Lalu apa saja sih sebenarnya makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil? Menyitat Pregnancybirthbaby, berikut pemaparannya.

    1. Beberapa jenis keju: Untuk keju, disebutkan ibu hamil sebaiknya tidak memakan jenis keju lunak matang seperti brie, camembert dan chevre (sejenis keju kambing) dan jenis lainnya dengan kulit yang sama. Wanita hamil juga harus menghindari makan keju biru-berurat lembut seperti Danish blue cheese, dan keju gorgonzola Denmark. Pasalnya, keju jenis ini dibuat dengan mould atau jamur dan bisa mengandung listeria, sejenis bakteri yang bisa membahayakan janin.

    Meskipun infeksi listeria (listeriosis) jarang terjadi, namun tetaplah penting untuk melakukan tindakan pencegahan khusus pada kehamilan karena bahkan bentuk ringan dari penyakit pada wanita hamil dapat menyebabkan keguguran, lahir mati atau sakit parah pada bayi yang baru lahir. Namun jangan khawatir, ibu hamil tetap bisa memakan hard cheeses seperti cheddar, parmesan dan keju stilton, dan juga tipe keju lainnya yang telah dipastikan terbuat dari susu yang sudah dipasteurisasi (proses pemanasan untuk mematikan bakteri).

    2. Pare: Ibu hamil disebutkan tidak boleh makan apapun semua jenis pare karena bisa mengandung listeria.

    3. Telur mentah atau hanya sebagian yang dimasak: Untuk memakan telur, pastikan telur yang dimakan telur matang sampai putih dan kuningnya padat. Hal ini untuk mencegah risiko keracunan makanan salmonella. Hindari makanan yang mengandung telur mentah dan kurang matang, seperti mayones buatan sendiri.

    4. Daging mentah atau hanya sebagian yang dimasak: Masak semua daging dan unggas secara menyeluruh sehingga panasnya mengepul dan tidak ada bekas merah muda. Hati-hati dengan daging unggas, daging babi, sosis dan daging cincang, termasuk hidangan burger. Hindari juga memakan daging rare, disebutkan toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dapat ditemukan pada daging, tanah, kotoran kucing dan air yang tidak diolah.

    Jika sedang hamil, maka adanya infeksi dapat membahayakan bayi, namun penting untuk diingat bahwa toksoplasmosis pada kehamilan sangat jarang terjadi. Selain itu jangan lupa untuk selalu mencuci dan mengeringkan tangan setelah menyentuh atau mengolah daging mentah. Ini akan membantu menghindari penyebaran bakteri berbahaya seperti salmonella, campylobacter dan E. coli O157 yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

    5. Hati (liver products): Wanita hamil tidak boleh makan apapun makanan yang merupakan produk hati, entah itu hati langsung ataupun diolah menjadi sosis. Liver products mengandung banyak vitamin A, nah terlalu banyak vitamin A inilah yang dapat membahayakan bayi.

    6. Suplemen yang mengandung vitamin A: Suplemen multivitamin dosis tinggi seperti suplemen minyak ikan hati atau suplemen lainnya yang mengandung vitamin A juga masuk jadi produk yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

    7. Beberapa jenis ikan: Ikan memang mengandung protein juga asam lemak omega-3 penting sehingga dianjurkan pada kehamilan. Tapi Anda harus memilih ikan dengan kadar merkuri rendah. Tipe ikan seperti shark (flake), broadbill, marlin dan ikan todak disebutkan dimakan dengan aturan tidak lebih dari sekali dua minggu jangan makan ikan lain selama dua minggu tersebut. Begitu juga dengan ikan lele, yang tidak boleh dimakan lebih dari sekali dalam satu pekan tidak ada ikan lain yang dimakan selama seminggu itu.

    8. Kerang mentah: Makanlah yang dimasak daripada kerang mentah karena mengandung bakteri dan virus berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan berisiko tinggi terkena kontaminasi listeria.

    9. Kacang -kacangan: Jika ingin makan kacang atau makanan yang mengandung kacang (seperti selai kacang) selama kehamilan, Anda dapat memilih untuk melakukannya sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat, kecuali jika Anda alergi atau profesional kesehatan atau dengan kata lain dokter menyarankan agar tidak melakukannya. Mengecualikan makanan tertentu (termasuk makanan yang dianggap sangat alergi) dari makanan ibu selama kehamilan atau menyusui tidak disarankan, karena hal ini belum terbukti mencegah alergi.

    10. Susu yang tidak dipasteurisasi: Jika mengonsumsi susu, hanya minum susu pasteurisasi atau UHT (susu ultra panas). Jika hanya susu mentah (tidak dipasteurisasi) yang tersedia, rebus terlebih dahulu. Jangan minum susu kambing atau kambing yang tidak dipasteurisasi atau makan makanan yang dibuat dari susu tersebut, contohnya keju kambing lunak. Hindari juga es krim tipe soft ice cream karena berisiko tinggi terkena kontaminasi listeria.

    11. Makanan dengan ada noda tanah: Cuci buah, sayuran dan salad untuk menghilangkan semua bekas tanah dan kotoran yang terlihat.

    12. Kafein: Kadar kafein yang tinggi disebutkan dapat meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir dengan berat rendah, hingga kelahiran yang sulit. Kafein secara alami ditemukan dalam banyak makanan, seperti kopi, teh dan coklat, dan ditambahkan ke beberapa minuman ringan dan minuman energi. Namun jangan khawatir karena tidak perlu benar-benar menghilangkan kafein sepenuhnya, asal tidak dikonsumsi lebih dari 300mg per dalam sehari. Untuk mengurangi kafein, cobalah teh dan kopi tanpa kafein, jus buah atau air mineral.

    13. Minuman berenergi: Minuman energi tidak dianjurkan selama kehamilan karena mengandung kandungan kafein tingkat tinggi, dan bahan lain yang tidak disarankan untuk wanita hamil.

    14. Pre-packaged salads: Salad buah atau sayuran yang sudah dipersiapkan sebelumnya, termasuk yang berasal dari buffet dan salad bar memiliki risiko kontaminasi listeria yang lebih tinggi.

    15. Sushi: Hindari makanan laut yang dingin seperti tiram mentah, sashimi dan sushi, makanan laut siap saji dan memasak udang siap saji yang memiliki risiko kontaminasi listeria lebih tinggi. Cara paling aman untuk menikmati sushi adalah memilih varietas yang dimasak dengan baik atau vegetarian, seperti yang termasuk makanan laut yang dimasak, misalnya belut yang dimasak utuh (unagi) atau udang (ebi), kappa maki yang berisikan timun, dan juga California roll yang berisi alpukat.

    16. Daging olahan dingin (Cold cured meats): Salami, parma ham, chorizo ​​dan pepperoni adalah termasuk cold cured meats yang disarankan bagi wanita hamil, sebab ada sedikit risiko makanan ini mengandung listeria, atau parasit toksoplasma yang menyebabkan toxoplasmosis, ini termasuk cold meats alias daging dingin dari konter, sandwich bar, irisan daging siap saji yang sudah dikemas, dan daging ayam dingin siap saji (utuh, porsi, atau potong dadu). (*)

    Okezone



     
    Berita Lainnya :
  • Ini Daftar Makanan yang Tak Disarankan bagi Ibu Hamil
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved