www.kapurnews.com
 
Ini Tanda Anda Karyawan Kesayangan si Bos
Rabu, 24-01-2018 - 16:02:58 WIB

TERKAIT:
 
  • Ini Tanda Anda Karyawan Kesayangan si Bos
  •  

    KapurNews.com - Bisa menjadi kesayangan atasan di kantor merupakan keinginan setiap karyawan. Ya, tak hanya mempermudah kenaikan jabatan, menjadi karyawan kesayangan atasan juga bisa mendapatkan banyak pengalaman serta ilmu dari si bos.

    Banyak orang berlomba-lomba agar bisa menjadi karyawan kesayangan di kantor. Biasanya si bos akan memperlihatkan gerak-gerik tertentu bila ada karyawan yang sukses mencuri perhatiannya.

    Lantas, apa saja tanda-tanda bahwa Anda merupakan karyawan favorit bos? Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir Independent, Rabu, 24 Januari 2018.

    - Memberi peringatan
    Suzanne Bates, CEO Bates Communications dan penulis All the Leader You Can Be, mengungkapkan bahwa sulit untuk mengetahui apakah atasan senang dengan kinerja karyawannya. Namun, seorang atasan yang melihat Anda sebagai orang yang menjanjikan bisa memberi Anda banyak umpan balik dan tidak semuanya positif.

    "Beberapa di antaranya mungkin adalah peringatan, masukan, justru karena dia melihatmu sebagai seseorang yang bisa mengatasi beban tugas, dan siap untuk lebih bertanggung jawab," kata Suzanne.

    - Meminta masukan
    Bruce Tulgan, pendiri Rainmaker Thinking dan penulis It's Okay to Manage Your Boss, mengungkapkan, bos sering meminta saran kepada karyawan yang mereka sukai dan percaya.

    "Bila atasan sering meminta masukanmu secara pribadi atau dalam pertemuan kelompok, dan menyisakan banyak waktu untuk mengajakmu bicara, lalu merespons dengan baik apa yang Anda katakan -ini adalah tanda yang baik," ujarnya.

    - Tak selalu memberikan pujian
    Kita mungkin berpikir bahwa seorang pemimpin akan selalu memuji karyawan yang disukai. Namun, Suzanne mencatat bahwa hal ini tidak selalu terjadi. Pasalnya, bisa saja bos mengira Anda sudah tahu bahwa reputasi Anda sudah baik, namun mereka tak ingin menunjukkannya.

    "Atau, bisa saja dia lupa karena terlalu banyak prestasi yang sudah Anda lakukan," ucap Suzanne.

    Dalam kondisi semacam ini, Suzanne merekomendasikan agar kita meminta bos memberi umpan balik dan menjelaskan bagaimana kinerja kita. Senada dengan Suzanne, Bruce juga mengatakan, karyawan memang seharusnya berinisiatif untuk meminta umpan balik pada pimpinannya.

    "Anda harus selalu memastikan bahwa Anda mendapatkan ekspektasi yang jelas, dan Anda harus memantau kinerjamu setiap saat," kata Bruce. Setelah mendapatkan umpan balik dari kinerjamu, Bruce menyarankan agar kita mempertahankan atau malah meningkatkan kinerja baik.

    - Memberi lebih banyak tanggung jawab
    Atasan sering kali memberi kepercayaan lebih kepada mereka yang dianggap paling berbakat. Bahkan, mungkin Anda juga bertanggung jawab atas kinerja rekan kerja lain. Ini merupakan bentuk kepercayaan yang baik.

    - Lebih menghargai karyawan
    Saat rekan-rekan kerja Anda berjuang untuk memperbaiki kinerja, atasan Anda justru meminta rekan kerja yang lain untuk menemui Anda demi mendapatkan contoh yang bagus

    "Jika atasanmu menyuruh orang lain menemuimu untuk mendapatkan panduan atau instruksi atau contoh kerja bagus, ini pertanda baik," kata Bruce.

    - Ingin banyak mengetahui
    Bruce mencatat bahwa bos akan selalu berusaha untuk 'memeriksa' pekerja yang dia sukai. Dia akan bertanya tentang apa yang membuat Anda senang, apakah Anda berencana untuk mengundurkan diri, dan bagaimana caranya agar perusahaan membuat Anda betah.

    Well, bila begitu bos tidak sedang menginterogasi. Dia hanya memikirkan bagaimana caranya agar Anda betah bekerja di perusahaan yang dia pimpin. Itu bagus.

    - Meminta untuk mengajari rekan kerja lain
    Jika atasan Anda terus-menerus meminta untuk menjelaskan hal-hal seputar pekerjaan untuk pegawai baru, mungkin ini akan terasa seperti menambah tugas.

    Tapi, atasan Anda mungkin juga sangat terkesan dengan kemampuan Anda sehingga dia menginginkan kita membagikan ilmu kepada rekan kerja yang lain. Nah, gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan dan menunjukkan keahlian Anda di kantor. (*)

    Okezone





     
    Berita Lainnya :
  • Ini Tanda Anda Karyawan Kesayangan si Bos
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved