www.kapurnews.com
 
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kram
Kamis, 28-12-2017 - 11:55:28 WIB
Kaki kram. (google.com)
TERKAIT:
 
  • Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kram
  •  

    KapurNews.com - Kebanyakan dari kita pasti sudah akrab dengan rasa sakit menusuk misterius yang datang dan pergi pada bagian tubuh tertentu, tapi tak banyak yang tahu apa sebenarnya yang menyebabkan otot menjadi kram.

    Meski penyebab beberapa serangan kram tidak diketahui, kram terkadang bisa disebabkan oleh penuaan, olahraga berat, pengobatan kolesterol atau tekanan darah tinggi, dehidrasi, dan penyakit liver. Pada bagian tubuh berbeda, kram bisa menyebabkan otot tiba-tiba memendek dan kejang, yang menimbulkan rasa sakit tapi seringkali tidak menyebabkan bahaya.

    Pada akhir babak pertandingan sepak bola, seringkali terlihat para pemain berguling di lapangan dengan satu kaki mengangkat ke udara, sementara rekan setimnya mencoba memegang kaki pemain itu. Ini dikarenakan kram yang terjadi di betis atau urat lututnya.

    Namun, kram kaki tidak hanya terjadi pada atlet saja tapi bisa juga menyerang mereka yang punya gaya hidup malas bergerak atau sedentari. Bahkan, banyak orang yang mengalaminya saat sedang istirahat atau pada malam hari.

    Ketika kram terjadi, dilansir dari laman The Independent, Kamis (28/12/2017), meregangkan otot adalah penanganan terbaik yang bisa dilakukan. Itulah kenapa pemain bola memegang kaki timnya yang kesakitan.

    Olahraga peregangan secara rutin, khususnya pada otot betis yang paling banyak mengalami kekejangan, juga bisa menjadi cara mencegah kram. Meskipun, paracetamol atau ibuprofen tidak banyak membantu saat kram terjadi karena butuh waktu lama untuk benar-benar bekerja, tapi obat-obatan ini bisa membantu melemaskan otot setelah kram.

    - Kram menstruasi
    Kram yang juga umum dialami adalah kram menstruasi yang disebut juga nyeri haid. Nama resmi dari penyakit ini adalah dysmenorrhoea, yang disebabkan ketika dinding otot dari uterus berkontraksi, sehingga menyebabkannya mendorong pembuluh darah yang memotong suplai oksigen ke rahim.

    Dysmenorrhoea bisa berbeda-beda pada masing-masing individu. Tapi secara umum, penyakit ini bermanifestasi sebagai rasa sakit di bagian bawah perut, pinggang belakang, panggul, dan paha.

    Bagi sebagian wanita, serangan ini bisa berkembang menjadi kontraksi seperti kejang, tapi bagi sebagian lainnya rasanya seperti nyeri yang terus menerus. Meski pengetahuan mengenai nyeri haid secara umum kurang, tapi banyak riset tengah dilakukan pada penyakit yang menyerang hampir setengah populasi dunia.

    Pada tahun 2016, para ilmuwan menemukan bahwa menstruasi bisa menyebabkan rasa sakit yang sama seperti serangan jantung, meski dokter sering berpikir bahwa ibuprofen cukup untuk melawan sakit itu.

    - Kram perut
    Seringkali orang mengatakan ia mengalami kram perut, tapi ini merupakan istilah tidak spesifik yang saling bertukar dengan sakit perut. Alih-alih akibat kram otot di perut, sakit perut bisa disebabkan oleh kondisi serius dan tidak serius yang sangat luas. (*)

    viva.co.id



     
    Berita Lainnya :
  • Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kram
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved