www.kapurnews.com
 
Masyarakat Usulkan Hutan Adat Imbo Putui Ada Legalitas dari Pemerintah
Jumat, 14-09-2018 - 08:32:58 WIB

TERKAIT:
 
  • Masyarakat Usulkan Hutan Adat Imbo Putui Ada Legalitas dari Pemerintah
  •  


    KapurNews.com - Bupati Kampar H. Azis Zaenal menerima dokumen usulan hutan adat 4 kenegarian yang akan ditetapkan status hukumnya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kamis 13 September 2018 di hutan adat Imbo Putui, Desa Petapahan, Kecamatan Tapung.

    "Saya bahagia dan gembira, kita masih dapat melihat hutan. Sehingga, kita masih dapat merasakan segarnya udara di hutan ini, dan tidak kita akan peroleh di tempat lain. Karena masih ada di antara kita yang peduli akan kelestarian hutan," kata Bupati.

    Selain mengucapkan terima kasih kepada ninik mamak, tokoh masyarakat, pemuda, maupun lembaga yang peduli terhadap lestarinya hutan adat, Bupati juga mengajak semuanya menjaga kelestarian hutan adat agar tetap terjaga hingga generasi selanjutnya.

    Pada kesempatan itu, diserahkan 4 dokumen hutan adat kepada Bupati Kampar untuk diusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI agar ditetapkan dengan keputusan Presiden.

    Acara penyerahan usulan hutan adat Imbo Putui tersebut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kampar, Cokro Aminoto, Regional Manager World Resauces Institute (WR) di Riau Rahmat Hidayat, PLH Camat Tapung, Sutani Rakhmat, Kepala Desa se-Kecamatan Tapung, Ninik Mamak se-Kecamatan Tapung, Ketua Kelompok Tani Tekat bersama Nurkholis didampingi sekretarisnya Mahyudin, serta pemerhati lingkungan, dan masyarakat.

    Nurkholis, ketua Kelompok Tani Tekad Bersama yang juga Ketua Karang Taruna Permata, Desa Petapahan didampingi sekretarisnya Mahyudin mengatakan, pihaknya usulan hutan adat Imbo Putui agar disertifikatkan dan diakui oleh pemerintah.

    "Harapan kita, bagaimana hutan imbo putui ini bisa lestari, serta terjaga dan bisa dijadikan event wisata di Kabupaten Kampar. Kami dari kelompok tani dan karang taruna akan bersama-sama menjaga kelestarian hutan ini agar bisa dikembangkan nantinya," katanya.

    Sementara itu, Mahyudin menambahkan, keberadaan hutan adat ini sudah dikelola juga oleh masyarakat setempat. Tapi hanya dengan swadaya masyarakat. Ke depan diharapkan kepada pemerintah melalui usulan ini agar bisa dikeluarkan legilitasnya dan dapat bantuan secara kontinue.

    Untuk diketahui katanya, hutan imbo putui sudah dikelola sekitar tahun yang lalu. Pertama melalui kelompok tani berkah bersama dengan mengajak siswa peduli lingkungan hidup. "Agar berkesinambungan, kita melibatkan siswa dan siswi SMKN 1 Tapung. 

    Kita berharap kedepannya dengan kegiatan ini agar timbul minat masyarakat untuk memelihara hutan, adanya respon positif dari Pemkab Kampar, Pemprov Riau, dan Pemerintah Pusat," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Desa Petapahan Said Aidil Usman, berharap hutan adat imbo putui terpelihara dengan baik. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat menjaga kelestarian hutan. (kpr/ind)






     
    Berita Lainnya :
  • Masyarakat Usulkan Hutan Adat Imbo Putui Ada Legalitas dari Pemerintah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    4 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved