www.kapurnews.com
 
Netral di Pigubri dan Pemilu 2019, ASN Pemkab Rohul Tanda Tangani Pakta Integritas
Senin, 12-03-2018 - 20:56:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Netral di Pigubri dan Pemilu 2019, ASN Pemkab Rohul Tanda Tangani Pakta Integritas
  •  

    KapurNews.com  -  Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman dan Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Damri Harun, mewakili Aparatur Sipil Negara (ASN) menandatangani pakta integritas netralitas ASN di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dan Pemilu 2019.

    Penandatangan pakta integritas dilakukan usai apel bersama sosialisasi netralitas ASN dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Rohul pada Pilgub dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 serta Pemilu 2019 di lapangan Kantor Bupati Rohul, Senin 12 Maret 2018.

    Apel bersama juga dihadiri Dandim 0313 KPR Letkol Inf Beny Setiyanto, Kapolres Rohul‎ AKBP Yusup Rahmanto SIK, MH, Ketua PN Pasirpangaraian Sarudi, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Syahrudin M.Sy, Ketua Bawaslu‎ Riau, Rusidi Rusdan, para Kepala OPD, Camat, Kades se-Rohul dan para ASN Pemkab Rohul.

    ‎‎Ketua Bawaslu‎ Riau, Rusidi Ruslan, mengharapkan‎ setelah dilakukan penandatanganan pakta integritas, ada komitmen dari seluruh kepala daerah di Riau, khususnya di Rohul untuk betul-betul berjalan penuh dengan integritas dan zero pelanggaran.

    Rusidi mengharapkan indikasi pelanggaran yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Rohul, tidak perlu lagi terjadi ke depan, apalagi masa kampanye Pilgub‎ 2018 masih akan berjalan tiga bulan lagi.

    "Saat ini sudah hampir berjalan satu bulan dan ke depannya masih ada sekitar tiga bulan. Dan ini tentunya memerlukan komitmen dari seluruh aparatur sipil negara dan kepala desa untuk tidak melibatkan diri, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," imbaunya.

    Rusidi Ruslan, mengungkapkan dari laporan dan temuan, Bawaslu sudah memproses sekira 34 indikasi pelanggaran yang dilakukan ASN, dan salah satunya dari Kabupaten Rohul. Sedangkan indikasi pelanggaran dilakukan Sekda Kota Pekanbaru sudah putus.

    Dari 34 indikasi pelanggaran, diakui Rusidi, sekira 26 di antaranya sudah direkomendasikan Bawaslu Riau ke empat lembaga berwenang di Jakarta, seperti Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Menpan Reformasi Birokrasi, serta Kemendagri dalam hal ini Irjen Kemendagri dan Otonomi Daerah.

    Rusidi mengaku untuk sanksi terhadap ASN yang diindikasi melakukan pelanggaran tidak menjadi kewenangan Bawaslu, namun kewenangan lembaga terkait ASN.

    ‎"Kalau kita hanya mengumpulkan bukti, kemudian membuat kesimpulan. Dan kalau sudah ada kesimpulan, maka kemudian kita rekomendasikan kepada pihak berwenang," jelasnya.

    Sementara itu Bupati ‎Sukiman mengatakan ada 10 poin dalam pakta integritas yang harus ditaati seluruh ASN di lingkungan Pemkab dan Kades se-Rohul pada Pilgub 2018 dan Pemilu 2019.

    Sukiman mengharapkan ASN Pemkab Rohul tidak terlibat dalam politik praktis di pelaksanaan Pilgub dan Pemilu, sama seperti TNI dan Polri yang lama sudah bersikap netral di setiap pesta demokrasi.

    ‎"Semuanya adalah demi terciptanya suatu pemilihan kepala daerah yang aman, tertib dan lancar, sehingga benar-benar rakyat itu memilih dengan hati nurani, bukan karena disuruh oleh orang lain, karena dibayar, karena diberi sesuatu," jelas Bupati Rohul Sukiman.

    Ditempat terpisah, Ketua Panwaslu Rohul, Fatjrul Islami mengatakan untuk  mencipatakan Pemilu yang berkualitas Panwas sudah melakukan berbagai langkah kongkrit yang nantinya bebas memilih tanpa ada unsur paksaan dari empat tim pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

    Dengan sosialisasi hari diharapkan kepada ASN dan kepala desa dapat memahami dan mengerti, sehingga mereka tidak terlibat dalam ranah poltik. "Apalagi hal ini sudah dilarang dalam undang-undang," tutur Fatjrul.(Adv/Humas)



     
    Berita Lainnya :
  • Netral di Pigubri dan Pemilu 2019, ASN Pemkab Rohul Tanda Tangani Pakta Integritas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    4 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved