www.kapurnews.com
 
Hadiri MPTB Usaha Bersama Sialang Rindang, Wabup Sukiman Apresiasikan Pengelolaan BUMDes
Jumat, 12-01-2018 - 11:16:35 WIB

TERKAIT:
 
  • Hadiri MPTB Usaha Bersama Sialang Rindang, Wabup Sukiman Apresiasikan Pengelolaan BUMDes
  •  

    KapurNews.com - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdes (MPTB) atau tahun buku 2017 desa Sialang Rindang, Kecamatan Tambusai, Rabu 10 Januari 2018.

    Wabup mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Usaha Bersama Desa Sialang Rindang tersebut, karena berdasarkan laporan pengurus dalam Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdes (MPTB) berhasil menekan kredit macet atau zero tunggakan.

    Dalam acara MPTB Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang itu turut dihadiri Ketua GOW Rohul, Hj Peni Herawati Sukiman, Staf Ahli Bupati H. Abdul Haris, Plt Kepala DPMPD Rohul, Ir Jufri M.Si, Camat Tambusai, Muammar Ghadafi, Kepala Desa Sialang Rindang Putro Warsono, pengurus Bumdes dan ratusan masyarakat Sialang Rindang.

    Wabup berharap dengan adanya tata kelola Bumdes yang baik dapat meningkatkan perekonomian yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

    "Perkembangan dan manajemen Bumdes ini sudah bagus, seperti pengurus dan masyarakat pengguna jasa simpan pinjam ini disiplin sekali, terlihat disiplin karena berhasil mewujudkan zero tungggakan. Jadi ini semuanya taat aturan, ini salah satu bukti ketaatan masyarakat cukup bagus serta pengurus Bumdes ini taat aturan karena tidak ada penyalahgunaan wewenang,” kata Sukiman.

    Lebih lanjut dikatakan Sukiman, eksistensi Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang sangat membantu perekonomian masyarakat. Selain bunganya rendah, proses peminjaman dan administrasinya sangat sederhana dan tidak berbelit-belit seperti proses perbankan pada umumnya.

    “Contoh sederhana saja, masyarakat butuh pinjaman uang untuk tambahan modal, tidak mungkin kita harus pergi kota untuk pinjaman ke Bank, karena proses dan administrasinya begitu panjang, ini salah satu contoh penggunaannya yang sederhana dan bermanfaat, jadi kita tidak usah jauh-jauh, cukup ke Bumdes Desa saja sudah ada,” ajak Sukiman.

    Mantan Dandim Inhil ini berharap, Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang kedepannya semakin maju dan berkembang.

    Melalui rapat MPTB ini sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan kedepannya, jika ada yang tidak baik harus dievaluasi, begitu juga sebaliknya, jika itu baik dan sesuai dengan aturan tetap dilanjutkan.

    Sementara itu, Kepala Desa Sialang Rindang Putro Warsono, kepada wartawan mengatakan, terwujudnya Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp239.024.484 itu berkat usaha bersama, iktikat yang baik dan semangat pengelola Bumdes, BPD, perangkat desa dan masyarakat.

    "Dari hasil SHU tahun 2017 paling banyak dari simpan pinjam, jasa dari masyarakat pinjam uang di Bumdes, sehingga terkumpul Rp239.024.484 dan dapat menambah PADes Rp23 juta. Unit usaha Bumdes Usaha Bersama ini masih fokus bergerak dibidang simpan pinjam. Rencana ke depan sesuai dengan UU tentang Desa, untuk penyertaan modal akan digunakan untuk pembentukan unit usaha baru seperti penyediaan Sarana Produksi (Saprodi) pertanian dan sembako masayarakat,” kata Putro

    Selain meminjam uang di Bumdes, Putro juga mengaku antusias masyarakat dalam menabung di Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang cukup tinggi. Sesuai laporan MPTB jumlah tabungan masyarakat di Bumdes ini lebih kurang Rp1,8 miliar.

    "Terwujudnya zero nol persen tunggakan ini, kita selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat. Jika tunggakan semakin tinggi maka nama peminjam (masyarakat) akan semakin jelek, jika terwujud zero tunggakan, Otomatis dana dari masyarakat ini bisa kita gulirkan kembali untuk masyarakat juga," jelasnya. (Kpr/Kr)



     
    Berita Lainnya :
  • Hadiri MPTB Usaha Bersama Sialang Rindang, Wabup Sukiman Apresiasikan Pengelolaan BUMDes
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    4 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    8 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    9 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
    10 Warga Kota Tengah Rohul Keluhkan Kondisi Jalan yang Rusak Menahun
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved