www.kapurnews.com
 
Terbelit Hutang, Pemkab Rohul Audit RSUD
Rabu, 10-01-2018 - 16:49:13 WIB
Sekda Rohul, H Damri Harun. (Dok/KapurNews.com)
TERKAIT:
 
  • Terbelit Hutang, Pemkab Rohul Audit RSUD
  •  

    KapurNews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) melakukan audit investigasi terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat. Hal itu terkait membengkaknya hutang Rumah sakit plat merah yang dinilai tak wajar.

    Sekretaris Daerah Rohul, Ir. Damri Harun, Rabu, 10 Januari 2018 membenarkan adanya langkah audit investigasi terhadap keuangan di RSUD Rohul. Pasalnya,  adanya hutang obat yang mencapai Rp5.3 miliar tersebut dinilai janggal.

    Sebelumnya pemerintah daerah sudah menganggarkan pembayaran hutang RSUD pada tahun 2016. Pihak RSUD selama ini tidak pernah sekalipun menyampaikan kondisi finansial mereka kepada pemerintah ataupun Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

    "Saya sudah perintahkan Inspektorat untuk melakukan audit investigasi, dari situ nanti kita tahu di mana datangnya utang itu. Kemudian, waktu kemarin mengapa tidak disampaikan pada pembahasan APBD 2018," ucap Sekda kesal.

    Disinggung terkait pengakuan Direktur RSUD dr. Paisal Harahap saat hearing di DPRD Rohul yang mengaku bahwa utang RSUD belum dibayarkan oleh pemerintah, secara tegas dibantah oleh Sekda.

    "Belum dibayarkan gimana, pemerintah sudah membayar kok. Untuk hutang 2015 itu sudah kita anggarkan di APBD 2016 untuk bayar utang. Utang apalagi," katanya.

    Dengan dilakukannya audit investigasi, Sekda berharap akan ditemukan benang merah terkait carut marutnya pengelolaan RSUD. Apakah dari managemennya yang tidak mampu mengelola keuangan dengan baik atau ada faktor lain.

    "Setiap tahun kita melakukan pembahasan APBD, yang tau kondisi keuangan RSUD itukan orang RSUD sendiri. Jika pemasukan dan pengeluaran tidak seimbang, itukan bisa disupport dari APBD. Tapi, selama inikan RSUD menyatakan cukup. Sehingga, kita tidak support," jelasnya.

    Ditanya, apa solusi terkait hutang obat RSUD ini, Sekda mengaku, pemerintah daerah tetap menunggu hasil audit investigasi. Namun yang jelas, pembayaran hutang di APBD 2018 tidak mungkin bisa dilakukan mengingat APBD 2018 sudah disahkan.

    Untuk itu ia mengimbau kepada manajemen RSUD untuk memaksimalkan peralatan dan sarana yang ada dalam rangka melayani masyarakat yang membutuhkan pengobatan.

    Selain itu, pemerintah daerah juga akan melakukan evaluasi terhadap keberadaan  536 tenaga kerja di RSUD yang diduga menjadi salah satu penyebab besarnya operasional RSUD yang sudah berstatus Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD).

    "Saya sudah perintahkan Asisten III untuk mengevaluasi tenaga kerja di RSUD apakah staf yang ada melebihi kapasitas atau kurang. Kalau melebihi akan kita sebar ke Puskesmas yang masih membutuhkan. Sehingga, penerimaan BLUD RSUD itu bisa dimaksimalkan untuk pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. (Adv/Humas)



     
    Berita Lainnya :
  • Terbelit Hutang, Pemkab Rohul Audit RSUD
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    4 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved