www.kapurnews.com
 
Ketua PUK SPTI Tambusai Sebut Kades Batang Kumu Tak Punya Kewenangan Bicara Masalah Buruh
Jumat, 12-07-2019 - 19:34:39 WIB

TERKAIT:
 
  • Ketua PUK SPTI Tambusai Sebut Kades Batang Kumu Tak Punya Kewenangan Bicara Masalah Buruh
  •  


    KapurNews.com - Ketua PUK SPTI Desa Batang Kumu, Rokan Hulu, Normal menilai pemerintah desa Batang Kumu yang dipimpin Afnan Pulungan  terlalu jauh ikut campur dalam permasalahan internal Serikat Pekerja (SP) Bongkar Muat yang dilaksanakan Serikat Pekerja Transporsasi Indonesia (SPTI) Pimpinan Unit Kerja (PUK) Tambusai di PT. Genk.

    Pasalnya, dalam pelaksanaan bongkar muat yang dilaksanakan selama ini tidak mengatasnamakan organisasi masyarakat (Ormas) Desa Batang Kumu, melainkan mengatasnamakan SPTI.

    Hal ini mencuat sejak beberapa hari terakhir terkait masalah SPTI yang diketuai oleh Normal, sebagai pimpinan unit kerja (PUK) SPTI,  Kecamatan Tambusai.

    Mencuatnya masalah ini karena sebagian anggota melaporkan ketua PUK SPTI ke Pemerintah Desa Batang Kumu tentang upah bongkar muat yang tidak lagi sesuai diterima para buruh.

    Terkait permasalahan ini, sebagian anggota menyampaikan enam tuntutan kepada Ketua PUK SPTI yang ditembuskan ke Pemdes Batang Kumu diantarannya Upah bongkar muat sesuai ketetapan pemerintah Rp21/Kg tidak lagi ada potongan dari pengurus. Mobil TBS yang bermuatan 2.500 kg bongkar muat anggota tidak dihitung dan upah diambil ketua, pemotongan upah anggota untuk pembayaran listrik PLN anggota.

    Selanjutnya, pemotongan upah anggota untuk kerusakan mobil yang tidak kunjung lunas, pemotongan Rp5.000 setiap minggu bagi seluruh anggota untuk wirid, bagi anggota yang terlambat mengambil upah atau gaji tidak menerima lagi dengan alasan uang sudah habis.

    Dalam permasalahan ini anggota yang dirugikan tidak membuat laporan ke DPC SPTI Kabupaten maupun Dinas Tenaga Kerja Rokan Hulu (Rohul).

    Sementara itu, Camat Tambusai, Muhammer Khadafi didampingi Kades Batang Kumu, Afnan Pulungan usai rapat di Kantor Desa mengatakan, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa Batang Kumu akan melakukan koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja.

    "Kita tidak ingin gegabah mengambil keputusan. Sehingga, saling merugikan baik dari anggota SPTI, pengurus, maupun pemerintah kecamatan dan pemerintah desa Batang Kumu yang mengakibatkan tidak kondusifnya nantinya," kata Khadafi.

    Laporan yang diterima oleh Pemdes Batang Kumu menyebutkan, akar permasalahan tersebut terkait adanya surat tembusan ke pemerintah desa dan camat terkait ketidak sesuaian dari pengurus PUK SPTI yang diketuai Normal, tentang upah bongkar muat yang diterima anggota.

    Ditempat terpisah, Ketua PUK SPTI, Normal mengatakan, pengaduan anggota yang merasa dirugikan tidak tepat, karena dari enam tuntutan yang disampaikan ke pemerintah desa, merupakan masalah internal.

    Jika ada anggota merasa dirugikan, seharusnya membuat pengaduan ke DPC SPTI dan Dinas Tenaga Kerja.

    "Tidak ada hak maupun tanggungjawab dari pemerintah desa khususnya kepala desa menyelesaikan masalah ini," tegas Normal.

    "Dugaan kami, permasalahan ini sengaja ditunggangi dalam menghadapi tahun politi, karena saya sendiri juga akan maju sebagai kepala desa Batang Kumu pada pilkades serentak tahun 2020 nanti," sambungnya. (kpr/kr)



     
    Berita Lainnya :
  • Ketua PUK SPTI Tambusai Sebut Kades Batang Kumu Tak Punya Kewenangan Bicara Masalah Buruh
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
    9 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    10 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved