www.kapurnews.com
 
Ujian Nasional Berbasis Komputer di Rokan Hilir Berlangsung Sukses
Sabtu, 11-05-2019 - 19:18:12 WIB
Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiluddin didampingi Kepala Dinas Pendidikan Rokan Hilir HM Rusli Syarif saat memantau pelaksanaan ujian berbasis komputer
TERKAIT:
 
  • Ujian Nasional Berbasis Komputer di Rokan Hilir Berlangsung Sukses
  •  


    Sebanyak 12.248 siswa Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di Kabupaten Rokan Hilir, mengikuti Ujian Nasional (UN), yang dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 13 April 2019, berlangsung sukses dan lancar.

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Rokan Hilir (Rohil), HM Rusli Syarief S.Sos mengatakan, dari 12.248 jumlah siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN), 8.264 peserta dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), 3.984 orang peserta tingkat MTs.

    "Tingkat SMP yang mengikuti UN ada 124 Sekolah Negeri maupun Swasta. Dari 124 (seratus dua puluh empat) yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya 16 sekolah, itupun terkonsentrasi di Kecamatan Balai Jaya dan Bagan Sinembah, sedangkan untuk MTs ada 76 sekolah," kata Rusli Syarif seraya menjelaskan.

    Hal itu sampaikan usai membuka sosialisasi Ujian Nasional tingkat SMP,MTs, SMPLB dan Paket B Kabupaten Rokan Hilir tahun pelajaran 2018/2019, yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rokan Hilir di Gedung SMP Negeri 1 Bangko.


    Rapat evaluasi pelaksanaan UN

    Peserta sosialisasi tersebut terdiri atas unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rokan Hilir, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hilir, kemudian Kepala SMP/MTs, Pengawas Sekolah SMP, serta Ketua Lembaga Penyelenggara Ujian Nasional (UN) se-Kabupaten Rokan Hilir.

    Adapun narator dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rokan Hilir, yaitu dari Kantor Kementerian Agama Rokan Hilir dan Pengawas SMP Se Kabupaten Rokan Hilir.

    Rusli mengatakan, tujuannya digelar kegiatan tersebut guna mensosialisasikan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berdasarkan Pos Ujian Nasional. Kemudian, memberikan pemahaman dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional serta terselenggaranya Ujian Nasional SMP/MTs dan Paket B dengan baik di Kabupaten Rokan Hilir sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui kementerian pendidikan nasional.

    Rusli mengharapkan kepada para guru agar tetap bekerja dengan ikhlas, mengingat tahun lalu tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) meningkat dari rangking sembilan menjadi rangking lima se-Provinsi Riau.

    "Tahun ini saya nggak mau lagi rangking lima, saya mau rangking pertama, begitu juga Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD), kemarin kita ranking 11, sekarang kita sudah ranking tiga. Jadi tahun ini kita harus targetkan rangking satu," sebutnya.

    Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Rokan Hilir Drs H Jamiludin bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) setempat HM Rusli Syarif S.Sos turut melakukan melakukan peninjauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SD/Mi dan SMP/MTs ke sejumlah sekolah.

    Data dihimpun, Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) diikuti 16 sekolah, sementara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) masih memakai sistem manual dengan menggunakan kertas dan pensil (UNKP).

    Hal itu disampaikan oleh Wabup Rohil Drs H Jamiludin didampingi Kadisdikbud, H Rusli Sarief S.Sos di sela-sela peninjauan pelaksanaan Ujian Nasional di beberapa sekolah yang ada. "Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional tidak ada kendala, semuanya berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya.

    Adapun jumlah siswa/i yang mengikuti Ujian Nasional tahun ini berjumlah 26.777 peserta dengan rincian tingkat SD/Mi 14.529 peserta dan SMP/MTs sebanyak 12.248 peserta. Sementara untuk jadwal UN tingkat SD selama 3 hari dan tingkat SMP selama 4 hari. "Kita berharap hasil yang dicapai tahun ini bisa meningkat dari tahun lalu, baik itu kualitas nilai maupun kualitas peringkat di provinsi Riau," kata wabup seraya berharap.

    Wabup juga berpesan kepada para siswa agar mengikuti pelaksanaan UN dengan serius, agar nilai yang diperoleh memuaskan."Bagi siswa SD tentunya akan melanjutkan ketingkat SMP, sementara SMP akan melanjutkan ke tingkat SMA, jadi nilai yang dicapai itu harus bagus," ujarnya.

    "Kita harapkan agar dapat meningkatkan rasionya dibandingkan dengan tahun yang lalu, baik kualitas nilai maupun kualitas peringkat se Riau," sambung Wabup, lagi.

    Dalam kesempatan tersebut, Wabup berpesan agar para pelajar mengikuti ujian dengan serius sehingga nantinya memperoleh hasil yang cukup memuaskan agar nanti dapat dengan mudah melanjutkan ke sekolah unggulan. “Bagi SD tentunya akan melanjutkan ke SMP sedangkan SMP melanjutkan ke SMA atau SMK atau ada yang berminat ke Madrasah Aliyah,” ujarnya.

    Selanjutnya wakil bupati melanjutkan pemantauan di salah satu sekolah di Kecamatan Bangko Pusako, di kampung halamannya.


    Kadisdik Rohil Rusli Syarif memantau pelaksanaan UN

    Sementara, Kadisdik Rohil Rusli Syarif melanjutkan pemantauan di SDN 004 Jalan Siak, kemudian SDN 001 Bagan Kota. Dalam kesempatan itu kadis berharap pelaksanaan ujian berbasis komputer yang digelar selama 4 (empat) hari kedepan berjalan aman dan lancar.

    Rusli Syarif optimis seluruh siswa siswi peserta ujian nasional berbasis komputer baik itu mulai tingkat SD, MI, SMP maupun MTs lulus dengan nilai yang memuaskan.

    Tahun kemarin tingkat SD dari peringkat sembilan menjadi peringkat sebelas, dan SMP dari sebelas menjadi peringkat lima. “Masa dari sembilan turun menjadi tiga dan dari tiga menjadikan satu tak bisa atau paling tidak bisa tetap dan jangan menurun la,” kata Rusli, seraya berharap.

    Adapun rincian peserta yang mengikuti ujian nasional diantaranya tingkat SD dengan jumlah sekolah  364 peserta 13.268 orang, MI jumlah sekolah 63 peserta 1.26. Sementara untuk tingkat SMP/MTS jumlah SMP 123 sekolah peserta 8.264 orang dan MTS  76 sekolah peserta 3.984 orang. “Jadi jumlah total Sekolah yang mengikuti Ujian Nasional sebanyak 626 sekolah dan peserta keseluruhan berjumlah 26.777 orang,” terang Wabup.

    Di Kabupaten Rokan Hilir, sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diantaranya adalah, SMP Wahidin , SMP Bintang Laut dan SMP Setia Budi di Kecamatan Bangko.

    Kemudian di Kecamatan Bagan Sinembah yaitu SMPN 1 Bagansinembah, SMPN 2 Bagansinembah SMPN 4 Bagansinembah dan SMP Islam Babussalam Bagansinembah Kecamatan Bangko Pusako, SMP Swasta Abdi Negara dan SMPN 6 Satu Atap, Kecamatan Bangko Pusako. (adv/humas)




     
    Berita Lainnya :
  • Ujian Nasional Berbasis Komputer di Rokan Hilir Berlangsung Sukses
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved