www.kapurnews.com
 
Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
Jumat, 10-11-2017 - 16:28:22 WIB
 Yasri Anwar, Kabid Politik Badan Kesbangpol Kuansing. (KapurNews.com)
TERKAIT:
 
  • Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
  •  

    ORGANISASI Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mempunyai peranan yang cukup penting bagi pembangunan bangsa dan daerah.

    Ormas dan LSM dapat mengambil peran untuk memperbaiki kondisi yang ada, dalam rangka menciptakan civil society yang kuat dan mandiri, melalui peran-peran pemberdayaan masyarakat, advokasi public dan pengawasan kebijakan pemerintahan daerah.

    Harus diakui, eksistensi dan peran Ormas/Yayasan dan LSM di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah memberikan warna dalam upaya-upaya memperkuat civil society. Namun harus diakui juga bahwa tak semua Ormas/Yayasan dan LSM berperan sebagaimana seharusnya, yaitu sebagai pilar hadirnya civil society. Beberapa Ormas/Yayasan dan LSM justru melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari fungsinya serta melakukan berbagai tindakan yang dapat merusak ketahanan nasional.

    Karena itu, sesuai amanat undang-undang, Pemerintah Kabupaten Kuansing melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), berupaya melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap Ormas/Yayasan dan LSM yang ada di daerah ini. Dengan demikian, diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas kelembagaan Ormas/Yayasan dan LSM.


    Kantor Badan Kesbangpol Kuansing

    Saat ini, sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kuansing Drs Linskar melalui Kepala Bidang Politik Yasri Anwar SPd MH kepada KapurNews.com, Kamis (9/11/2017) di ruang kerjanya, ada sebanyak 156 Ormas/Yayasan yang terdaftar di Badan Kesbangpol Kabupaten Kuansing. Sementara untuk LSM, saat ini yang terdaftar dan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) ada sejumlah 32 LSM.

    Pihaknya, menurut Yasri, masih terus menunggu para pengurus agar mendaftarkan Ormas/Yayasan serta LSM mereka ke Badan Kesbangpol, yang mana hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan proses verifikasi dan pendataan. “Kami berharap kepada Ormas/Yayasan dan LSM yang belum mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT), agar dapat melengkapi datanya,” imbaunya.

    Mengapa SKT ini perlu, karena menurut Yasri, hanya Ormas/Yayasan dan LSM yang telah mendapatkan SKT-lah yang berhak mendapatkan pelayanan serta fasilitas dari pemerintah. “Kami sampaikan terima kasih atas kerja sama semua pihak sehingga program ini berjalan dengan baik,” sebutnya.

    Pihaknya, menurut Yasri, mempunyai keinginan yang kuat untuk melakukan pembinaan terhadap Ormas/Yayasan dan LSM yang ada di daerah ini. “Ini untuk menambah pengetahuan pengurus agar menjadi profesional dan berkembang,” ujarnya.

    Pembinaan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan pengurus dan anggota Ormas/Yayasan dan LSM dalam melaksanakan aktivitasnya. Pelaksanaan pembinaan di antaranya dengan melakukan dialog politik bagi Ormas/Yayasan dan LSM dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kuansing. Selain itu, juga sosialisasi Permendagri No 33 tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

    Dengan adanya pembinaan yang dilakukan Badan Kesbangpol Kabupaten Kuansing, diharapkan tercipta kesamaan persepsi dan cara pandang antar-pihak, serta pengembangan ide dan gagasan dalam implementasi arah kebijakan penataan, pengembangan dan pemantapan partisipasi kelembagaan masyarakat lebih lanjut pada penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Dengan demikian, dicapai kesatuan langkah guna mendukung kesiapan implementasi ketentuan peraturan perundangan mengenai keormasan secara integratif, komprehensif, dan partisipatif.


    Kantor LSM di Kuansing


    Namun Yasri mengakui pihaknya terbentur kesediaan dana untuk melakukan kegiatan-kegiatan untuk pembinaan Ormas/Yayasan dan LSM tersebut. Ia juga merasa prihatin melihat kondisi sejumlah LSM di daerah ini yang seperti ‘mati suri’ karena ketiadaan dana untuk membiayai operasional mereka.

    Untuk itu, Yasri berharap adanya peningkatan sumber dana untuk pembinaan Ormas/Yayasan dan LSM di daerah ini. Apakah melalui APBN, APBD Provinsi maupun dari APBD Kabupaten Kuansing sendiri. Dengan demikian, diharapkan ke depan Kesbangpol lebih dapat memfasilitasi keberadaan Ormas/Yayasan dan LSM di daerah ini, serta melakukan pembinaan secara kontinu.

    Ada juga faktor penghambat bagi pelaksanaan pembinaan Ormas/Yayasan dan LSM di daerah ini yaitu Ormas/Yayasan dan LSM kurang memberikan informasi dalam perubahan pengurusnya, serta banyaknya Ormas/Yayasan dan LSM yang tidak menjalankan kewajiban sesuai dengan tugasnya.

    Adanya keinginan dari pihak Badan Kesbangpol untuk melakukan pembinaan terhadap Ormas/Yayasan dan LSM ini mendapat sambutan positif dari ketua salah satu LSM di daerah ini, Ilyas R Sutan. Ketua LSM Peduli Kuansing ini mengakui selama ini nyaris tidak ada bantuan dari Pemkab Kuansing terhadap LSM di daerah ini. Sungguhpun demikian, hal ini tidak menyurutkan semangat LSM yang berdiri sejak tahun 2001 ini untuk ikut berpartisipasi mengawasi jalannya roda pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di daerah ini. (advertorial)



     
    Berita Lainnya :
  • Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    4 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved