www.kapurnews.com
 
Galeri MTQ XVI Tingkat Kabupaten Kuansing
Bupati Mursini: MTQ Memiliki Muatan Dakwah bagi Umat Islam
Selasa, 31-10-2017 - 14:02:49 WIB
Bupati Mursini menyerahkan piala bergilir MTQ tingkat Kabupaten Kuansing kepada Camat Pucuk Rantau Herman Susilo selaku tuan rumah.
TERKAIT:
 
  • Bupati Mursini: MTQ Memiliki Muatan Dakwah bagi Umat Islam
  •  

    BUPATI Drs H Mursini MSi membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tahun 2017. Kecamatan Pucuk Rantau menjadi tuan rumah MTQ tingkat kabupaten yang ke XVI ini.

    Pada acara pembukaan, Selasa (17/10/2017), dilakukan penyerahan piala bergilir oleh Bupati kepada Camat Pucuk Rantau, Herman Susilo selaku tuan rumah.

    Hadir pada acara itu Wakil Bupati H Halim, pimpinan DPRD Kuansing, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Drs H Ahmad Supardi Hasibuan, Kepala Kemenag Kuansing Jisman MA, Kepala Kejaksaan Negeri Kuansing Jufri SH MH, Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto SH SIk, Dandim 0302/Inhu diwakili Pabung Kuansing. Kemudian hadir juga para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para camat, kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta undangan lainya.

    Dalam kata sambutannya Bupati menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ XVI tingkat kabupaten tahun 2017 ini adalah bagian kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kuansing dalam rangka mempersiapkan dan memilih kafilah dari Kabupaten Kuansing Untuk dilombakan di Tingkat Provinsi Riau yang akan dilaksanakan di Kota Dumai tahun depan.

    Di samping memilih dan memilah kalifah untuk ajang lomba, MTQ ini kata Mursini, juga mempunyai muatan dakwah bagi umat Islam. Dengan membaca Alquran manusia akan menjadi toleran, baik dengan sesama maupun dengan alam sekitarnya, maka keseimbangan kehidupan akan terjaga.
     
    "Apalagi tradisi dari para pendahulu adalah menyuruh putra-putrinya pergi ke surau untuk mengaji, maka kegiatan ini dengan adanya MTQ ini mushola mushola harus tambah penuh dengan anak-anak yang belajar mengaji," harapnya.

    Keluar sebagai juara umum pada MTQ tingkat kabupaten kali ini adalah Kecamatan Kuantan Tengah. Piala bergilir pun akhirnya diserahkan oleh Bupati Mursini pada acara penutupan, Sabtu (21/10/2017) kepada Camat Kuantan Tengah Reffendi Zukman. *****


    Bupati Mursini dan rombongan disambut panitia dan tokoh masyarakat pucuk Rantau setibanya di lokasi pembukaan MTQ.


    Bupati Mursini, Wakil Bupati Halim dan pejabat lainnya pada acara pembukaan MTQ XVI tingkat Kabupaten Kuansing di Kecamatan Pucuk Rantau.


    Bupati Mursini melantik dewan hakim MTQ XVI tingkat Kabupaten Kuansing tahun 2017 di Kecamatan Pucuk Rantau


    Bupati Mursini menyalami kafilah tuan rumah Kecamatan Pucuk Rantau.


    Pembacaan kalam Illahi pada acara pembukaan MTQ XVI tingkat Kabupaten Kuansing tahun 2017 di Kecamatan Pucuk Rantau.


    Bupati Mursini menyerahkan piala bergilir juara umum MTQ XVI tingkat Kabupaten Kuansing tahun 2017 kepada Camat Kuantan Tengah Reffendi Zukman.