www.kapurnews.com
 
Pemkab Kuansing Prioritaskan Pengelolaan Sejumlah Kawasan Hutan Lindung
Senin, 19-06-2017 - 12:13:27 WIB
Kawasan hutan lindung Sentajo. (KapurNews.com)
TERKAIT:
 
  • Pemkab Kuansing Prioritaskan Pengelolaan Sejumlah Kawasan Hutan Lindung
  •  

    KapurNews.com - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), akan mengoptimalkan pengelolaan sejumlah kawasan hutan lindung di daerah setempat, khususnya yang berada di wilayah perbatasan. Pasalnya, di kawasan tersebut memiliki ratusan founa dan flora yang berpotensi untuk objek wisata.

    "Kawasan Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling di Kecamatan Singingi Hilir yang akan menjadi prioritas," kata Bupati Kuansing, Mursini, Minggu (18/6/2017).

    Bupati mengatakan, kedua hutan lindung tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar dan Pelalawan, jika terabaikan maka berdampak kepada menyempitnya kawasan itu akibat dikelola oleh berbagai pihak yang tidak bertanggungjawab.

    Bupati langsung menyampaikan dukungan terhadap pengelolaan suaka marga satwa tersebut saat memberikan pandangan dalam acara konsultasi publik dokumen penataan blok dan rencana pengelolaan hutan yang diselenggarakan di Kantor Bappeda Provinsi Riau.

    "Karena bukit ini merupakan tempat flora dan fauna bernaung, selain tentunya sebagai sumber oksigen mahluk hidup di dunia ini," sebut Bupati seperti dilansir dari Antara.

    Kabupaten Kuantan Singingi, sambung Bupati, memang banyak memiliki aset berupa hutan lindung seperti, Hutan Lindung Bukit Betabuh dari Kecamatan Kuantan Mudik sampai Pucuk Rantau, Hutan Lindung Sumpu di Hulu Kuantan, Hutan Lindung Sentajo di Sentajo Raya, Hutan Lindung Jake di Kuantan Tengah dan hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling.

    Bupati yang didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan Wariman, Asisten II Indra Suandi, Kadis Pertanian Maisir, Plt Kaban Bappeda Litbang Zafnil, SP, Camat Hulu Kuantan Hamiyudin, Camat Singingi dan Camat Singingi Hilir Hazrianto dalam acara tersebut.

    "Luas keseluruhan hutan suaka marga satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling tersebut mencapai 45 persen berada di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi," terangnya.

    Menurut Mursini, ini adalah salah satu faktor pendukung penataan blok dan rencana pengelolaan dari Bukit Rimbang dan Bukit Baling oleh Pemkab, selain itu guna menjaga kelestarian hutan yang juga berpotensi sebagai objek penelitian dan wisata.

    Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Riau Mahfud, menyebutkan, kegiatan konsultasi publik untuk mendapatkan penataan blok dan rencana pengelolaan hutan suaka marga satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling sangat penting dilaksanakan.

    "Mengingat berbagai tekanan terhadap hutan suaka marga satwa ini sangat besar, baik dalam bentuk perambahan hutan maupun alih fungsi lahan," tegasnya.

    Karena itu, katanya, perlu kesepakatan bersama untuk menyusun dokumen penataan blok dan rencana pengelolaan hutan suaka marga satwa rimbang baling oleh semua pihak terkait khususnya Kabupaten Kuantan Singingi dan Kampar sebagai pemilik lokasi tersebut. (kpr)





     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Kuansing Prioritaskan Pengelolaan Sejumlah Kawasan Hutan Lindung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dinilai Tak Transfaran, Besaran Dana Program CSR di Kabupaten Siak Perlu Diaudit
    Dizolimi, DPRD Rohil Kecam Pemerintah Pusat
    DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
    HUT ke-31, RDX Juarai Turnamen Futsal CUP III Asperindo Riau
    Menangkan Lukman Edy di Pilgubri 2018, PKB Riau Mulai Susun Strategi
     
     
    INDEKS BERITA
    1 Mantan Bendaharawan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing Ditahan
    2 Pembayaran Kekurangan Gaji Tenaga Honorer Pemkab Kuansing Setelah Audit BPK
    3 Astaga! Istri Pergoki Suami Sedang 'Gituan' dengan Mertua
    4 Polisi Selidiki Dugaan Malpraktik Dokter di RS Awal Bros Pekanbaru
    5 Seruu...Inilah Undian Pacu Jalur Hari ke 3 Putaran Pertama di Tupian Rajo Pangean
    6 Bus Intra Masuk Jurang di Minas
    7 Tak Kuat Nanjak, Mobil Dinas Dispenda Masuk Jurang
    8 KPRI Karya Maju PGRI Kecamatan Benai Gelar RAT Tahun Buku 2016
    9 Rencana Pemkab Kuansing Beli Lahan Seperempat Hektare Senilai Rp2 Miliar Dipertanyakan
    10 Rp217 Miliar Dana Provinsi Masuk ke Kuansing
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved