www.kapurnews.com
 
Ngakunya Mendunia, Pejabat Kemenpar RI Saja Tak Tau Pacu Jalur
Selasa, 06-08-2019 - 04:52:25 WIB

TERKAIT:
 
  • Ngakunya Mendunia, Pejabat Kemenpar RI Saja Tak Tau Pacu Jalur
  •  


    KapurNews.com - Komisi B DPRD Kuantan Singingi (Kuansing), Riau bersitegang dan debat dengan pejabat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Pasalnya, mereka (Komisi B DPRD Kuansing, red) mereka pacu jalur yang dianggap telah mendunia oleh warga Kuansing, dan susah payah dipublikasikan berbagai elemen di Kuansing, ternyata tidak dikenal oleh pejabat di Jakarta waktu itu.

    Padahal, salah satu maksud kedatangan mereka ke Kemenpar meminta dukungan bagi kemajuan tradisi pacu jalur dan objek wisata lainnya terutama alokasi anggaran untuk fisik dan promosi.

    "Ternyata mereka tidak tahu pacu jalur, bahkan seorang pejabat yang menerima rombongan Dewan sempat browser di google terlebih dahulu mencari informasi tentang pacu jalur, katanya telah mendunia,” kata Jefri Antoni, salah seorang anggota DPRD Kuansing, Senin 5 Agustus 2019.

    “Bahkan mereka mempertanyakan mana ramai penonton pacu jalur daripada Karapan Sapi di Madura. Hal ini menimbulkan perdebatan dan ketegangan,” sambungnya.

    “Bagaimana Kemenpar akan mengembangkan tradisi kebanggaan Kita ini, kalau mereka kurang tahu,” kata Jefri lagi.

    Sontak hal ini membuat pertemuan sempat tegang dengan adu argumentasi. Melihat situasi pertemuan yang seperti ini menurut Jefri dirinya sempat mengajak Andi Nurbai untuk keluar ruangan pertemuan terlebih dahulu agar pertemuan berjalan dengan baik.

    Namun pointnya kata Jefri, ini menjadi bahan koreksi semua elemen di Kuansing. Sebab dengan kondisi ini, ternyata pacu jalur secara nasional belum dikenal terlalu luas. Perlu upaya lebih keras dan terencana.

    “Strategi menyampaikan informasi tentang pacu jalur perlu dicari cara yang lebih pas, baik menggunakan media massa, media sosial dan periklanan. Strategi mengemas publikasi pacu jalur harus diubah. Anggap ini tantangan dan jangan pernah lelah mempromosikan tradisi ini,” ujarnya.

    Jika publik nasional tidak terlalu kenal, menurutnya akan sulit mengundang kedatangan turis asing. “Padahal seharusnya pemerintah pusat turut andil membantu masyarakat Kuansing yang telah menjaga tradisi ini lebih dari seratus tahun karena merupakan asset bangsa,” pungkasnya.

    Sementara Andi Nurbai, mengakui sempat terjadi ketegangan itu. Itu pengalaman waktu bertemu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Wisata 2018 lalu.

    Hal ini karena Komisi B tidak ingin Kuansing dianak tirikan dalam pengembangan pariwisata. Karna Kuansing punya potensi itu termssuk pacu jalur dan objek wisata lain seperti wisata alam.

    Kuansing katanya, juga butuh perhatian pusat dalam mengembangkan pariwisata terutama anggaran dan sarana promosi.

    "Mudah-mudahan ke depan perhatian pusat lebih baik terhadap sektor pariwisata Kuansing baik terhadap pacu jalur maupun objek wisata alam Kuansing yang sangat potensial memggerakkan ekonomi kerakyatan setelah berbagai upaya yang dilakukan Pemda dan DPRD atau elemen bidang pariwisata lainnya, selama ini"ujarnya.

    "Apalagi setelah Komisi B, Bupati dan Wabup serta jajaran Pemkab Kuansing telah beberapa kali mendatangi Kemenpar untuk mempromosikan pacu jalur dan objek wisata lainnya sehingga mereka semakin kenal tradisi Kita ini. Kita harapkan pusat semakin memperhatikan sektor pariwisata Kuansing. Jangan anak tirikan Kuansing," pungkasnya (kpr/ktc)



     
    Berita Lainnya :
  • Ngakunya Mendunia, Pejabat Kemenpar RI Saja Tak Tau Pacu Jalur
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
    9 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    10 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved