www.kapurnews.com
 
Dinkes Bengkalis Sosialisasikan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM
Selasa, 12-02-2019 - 00:51:34 WIB

TERKAIT:
 
  • Dinkes Bengkalis Sosialisasikan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM
  •  


    KapurNews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis, melaksanakan Sosialisasi Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), Senin 11 Februari 2019. Kegiatan ini kerjasama dengan Dinkes Provinsi Riau.

    Sosialisasi ini dibuka Kepala Dinkes, dr Ersan Saputra diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar.

    Dalam sambutannya, dijelaskan Alwizar, PTM sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, beban biaya berobat pun sangat tinggi. Oleh karena itu upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya.

    Melalui kegiatan sosialisasi deteksi dini itu, dia berharap, bagi masyarakat yang sehat untuk dapat dipertahankan agar tetap sehat, dan yang beresiko diupayakan agar kondisi faktor resiko peyakit tidak menularnya dapat normal kembali. Sementara bagi yang sudah menyandang PTM untuk mencegah komplikasi, kecacatan, dan kematian dini serta meningkatkan kualitas hidup.

    "Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2015, bahwa pencegahan dan penanggulangan yang paling efektif adalah dengan mengendalikan faktor resikonya," ujar Alwizar.

    Yaitu mengendalikan karakteristik, tanda atau kumpulan gejala penyakit pada individu yang secara statistik berhubungan dengan peningkatan kejadian kasus baru berikutnya.

    "PTM ini ada 20 jenisnya, tetapi yang dominan saat ini adalah Hipertensi, Stroke, Jantung Koroner, PPOK, Gagal Ginjal, Ostereoporosis, dan Kanker, utamnya Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara", paparnya lagi.

    Di Indonesia, sambunya, dari Hasil Riset Kesahatan Dasar Tahun 2018 diketahui bahwa prevalensi penyakit kanker adalah 1,8 per 100.000 penduduk, prevalensi Stroke 10,9 per 100.000 pnduduk, prevalensi Ginjal Kronis 3,8 per 100.000 penduduk, Ostereroporisis 11,9 per 100.000 penduduk, Diabetes Mellitus 2,0 per 100.000 penduduk, Jantung Koroner 1,5 per 100.000 penduduk, Hipertensi 34,1 per 100.000 penduduk, dan Obesitas 21,8 per 100.000 penduduk.

    "Oleh sebab itu, mengendalikan faktor resiko yang dapat diubah seperti merokok, kurang aktifitas fisik, diet yang tidak sehat, mengkosumsi minuman beralkohol serta lingkungan yang sehat menjadi mutlak  diperlukan untuk mencegah PTM," pungkasnya.

    Sebagai narasumber dari Dinkes Provinsi Riau adalah dr. Nina selaku Kepala Seksi PTM dan Kesehatan Jiwa, adapun pesertanya adalah Camat Bantan yang diwakili Kepala Seksi PMD, Korwilcam Dinas Pendidikan Kecamatan Bantan, Kepala UPT Puskesmas Selatbaru, Kepala UPT Puskesmas Teluk Pambang, Pokja 4 PKK Kabupaten Bengkalis, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Bantan dan Kader Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) PTM. (kpr/sf)



     
    Berita Lainnya :
  • Dinkes Bengkalis Sosialisasikan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved