www.kapurnews.com
 
TNI Harus Netral di Pemilu
Selasa, 29-01-2019 - 13:42:53 WIB

TERKAIT:
 
  • TNI Harus Netral di Pemilu
  •  


    KapurNews.com - Seluruh  personil TNI diinstruksikan agar mengedepankan netralitas dan tidak ikut berpolitik praktis terutama dalam melaksanakan tugasnya menghadapi Pemilu mendatang.

    Penegasan tersebut disampaikan saat Sosialisasi Netralitas TNI bagi prajurit Kodim dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, yang dilaksanakan di Aula Makodim 0314/Inhil, Selasa 29 Januari 2019.

    Seperti yang diungkapkan Pasiter Kodim 0314/Inhil, Kapten Inf Iwan Andoko dalam paparannya, yakni aturan sejumlah pasal undang-undang internal TNI bahwa prajurit dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis, karena tugas TNI untuk pertahanan dan keamanan.

    "Intinya Netralitas TNI dalam pemilu adalah harga mati, maka penegasan ini berlaku seluruh anggota TNI, tidak ada satupun anggota TNI ikut terlibat praktis politik atau mendukung salah satu calon dalam pemilu mendatang, hal ini merupakan penegasan penekanan ulang untuk mengedepankan netralitas," ujarnya.

    Dijelaskan, TNI dalam menjalankan tugas pengamanan harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, adapun prajurit yang ikut dalam pemilu harus membuat peryataan mengundurkan diri dari TNI.

    "Adapun gejolak terjadi dalam pelaksanaan pengamanan, prajurit TNI harus cerdas menyikapi terhadap perkembangan lingkungan strategis seperti upaya adu domba, provokasi, dan memetakan wilayah-wilayah yang dianggap rawan terjadi konflik," terangnya.

    Ia juga menegaskan, seluruh TNI harus mematuhi aturan hukum serta hindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat menurunkan citra TNI dan memegang teguh komitmen netralitas dalam pemilu.

    Sementara itu, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Andrian Siregar dalam arahannya menekankan kepada seluruh personil, untuk tetap menjaga netralitas dan ia juga meminta setiap prajurit untuk memahami segala macam bentuk konspirasi yang mungkin timbul karena pemilu 2019 ini.

    "Petakan wilayah yang rawan terjadi komplik dan amankan Institusi agar tidak terseret dalam politik praktis," tegasnya.

    Tidak hanya itu, Dandim juga berpesan kepada Ibu-ibu Persit yang memiliki hak pilih agar dapat untuk memilih dengan hati nurani dalam pemiliu 2019 mendatang dan tidak membawa-bawa persoalan ini ke dalam lingkungan Institusi TNI dan jangan Golput dalam Pileg maupun Pilpres Tahun 2019 ini.

    "Ibu-ibu adalah istri dari Prajurit TNI AD yang secara individu maupun Institusi telah berkomitmen untuk bersikap netral dalam politik dan tidak terlibat politik praktis, jadi gunakanlah hak pilih dengan baik serta tidak membawa-bawa hal itu kelingkungan TNI," tambahnya.

    Pada kesempatan tersebut, Dandim juga memperkenalkan 4 perwira baru di Kodim 0314/Inhil dan 4 Bintara serta 3 Tamtama. (kpr/gas)



     
    Berita Lainnya :
  • TNI Harus Netral di Pemilu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved