www.kapurnews.com
 
Truk Tangki CPO PT SK Diduga Penyebab Kerusakan Jalan Azki Aris Hingga Kuala Cenaku
Jumat, 13-04-2018 - 17:35:18 WIB
Truk tangki CPO milik PT SK diduga sebagai biang kerusakan jalan di Inhu. (KapurNews.com/ril)
TERKAIT:
 
  • Truk Tangki CPO PT SK Diduga Penyebab Kerusakan Jalan Azki Aris Hingga Kuala Cenaku
  •  

    KapurNews.com - Ternyata ratusan truk tangki angkutan Cruide Palm Oil (CPO) milik Johor selaku pimpinan PT Sumber Kencana (SK) diduga menjadi penyebab utama kerusakan sejumlah  ruas jalan di Inhu, terutama jalan Azki Aris Rengat hingga Kecamatan Kuala Cenaku.

    Ratusan truk tangki itu memuat CPO dari sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Inhu menuju pelabuhan Teluk Bagus, Desa Bayas Jaya, Inhil sebagai lokasi loading atau pelabuhan milik PT SK untuk keponton untuk diekspor keluar negeri.

    Kondisi ini tentu menimbulkan bencana bagi masyarakat, selain debu yang berterbangan hingga ke pemukiman penduduk yang bisa mendatangkan berbagai penyakit seperti TBC, asma dan sesak nafas ketika musim panas dan jalan becek, berlumpur serta licin saat musim hujan.

    Badan jalanpun ikut menjadi sasaran kehancuran seperti ruas jalan Azki Aris Rengat serta jalan disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Indragiri mulai dari  Desa Sungai Beringin, Sungai Raya Kecamatan Rengat hingga Desa Sindolas, Teluk Sungai, Lumu Kecamatan Kuala Cenaku.

    Setiap harinya ratusan truk tangki angkutan CPO itu melintasi jalan yang menghubungkan Rengat – Tembilahan, kini kondisinya sangat parah, ratusan truk tangki milik pengusaha CPO, Johor juga memporak porandakan badan jalan di sepanjang jalan Azki Aris Rengat, hingga menjadi berlobang lobang besar dan sulit untuk dilalui.

    Demikian yang dipaparkan tokoh masyarakat Sei Beringin, Said Sulaiman, Jumat 13 April 2018 di Rengat.

    Menurut pemuka masyarakat ini, hancurnya badan jalan dipinggiran sungai Indragiri Desa Sei Beringin dan di sepanjang jalan Azki Aris menjadi sumber malapetaka bagi masyarakat, tidak sedikit pengguna jalan yang menjadi korban kecelakaan bahkan meninggal dunia.

    Kondisi ini terkesan dibiarkan saja oleh dinas dan instansi terkait, kehancuran badan jalan akibat dilalui ratusan truck angkutan CPO yang melebihi tonase hingga mencapai 35 ton – 40 ton per truk.

    Kepala Dinas Perhubungan Inhu, Drs Erpandi melalui Kabid Lalulintas Jalan dan Angkutan, Sarju (13/4/2018) mengakui bahwa kondisi badan jalan di sepanjang jalan Azki Aris dan disepanjang DAS Indragiri hingga Kuala Cenaku mengalami rusak berat dan kategori parah.

    Menurutnya, kemampuan jalan yang hanya mampu menahan beban 8 ton, kenyataannya dilalui oleh truk tangki CPO yang berbobot 30 ton – 40 ton membuat badan jalan Azki Aris rusak parah serta ambruk kedalam sungai untuk wilayah DAS Indragiri.

    Dijelaskan, dalam Musrenbang tingkat Propinsi Riau yang dilaksanakan di Pekanbaru belum lama ini, Dishub Inhu sudah melaporkannya kepada Dishub Riau terkait hancurnya badan jalan Azki Aris dan sepanjang jalan menuju Kuala Cenaku tepatnya dipinggiran DAS Indragiri, bahkan disusul dengan laporan tertulis.

    Karena status jalan yang dilalui ratusan truk tangki milik PT SK merupakan jalan Propinsi, maka yang berkewenangan untuk menertibkan pengguna jalan itu adalah pihak Dishub Propinsi Riau, seperti terjadinya over tonase yang diangkut.

    Sementara, Kepala Dinas PUPR Inhu, Ir Yelfidar dikonfirmasi wartawan pada Jumat 13 April 2018 mengatakan, pihaknya sudah berulang kali melaporkan kondisi jalan Azki Aris dan disepanjang jalan menuju Kuala Cenaku yang kini kondisinya sangat memprihatinkan dan mulai sulit dilewati kendaraan itu pada Dinas PU Riau, namun belum juga ada tanda tanda untuk diperbaiki.

    Terkait ratusan truk tangki milik PT SK yang mengangkut CPO melebihi tonase mencapai 30 ton – 40 ton per truk, hal itu bukan kewenangan Dinas PUPR Inhu untuk menertibkannya.

    “Kan Sudah diketahui kemampuan sumbu jalan hanya mampu menahan beban 8 ton per truk, kini dilalui mencapai 30 ton – 40 ton per truk, kenapa tidak ditertibkan, yang mengakibatkan hancurnya badan jalan,” kata Yelfidar.

    Kapolres Inhu, AKBP Arif Bastari, S.IK, MH dikonfirmasi wartawan melalui Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Waras Wahyudi mengatakan, sudah beberapa kali melakukan Tilang terhadap truk tangki, akibat over kapasitas melebihi tonase, meski begitu hendaknya dilakukan secara bersama dengan pihak Dishub Riau, artinya dapat melakukan tindakan konkrit.

    Akibat truk angkutan CPO itu kerap melebihi tonase yang seharusnya hanya 8 ton per truk, kini mengangkut CPO mencapai 30 ton – 40 ton per truk, membuat kondisi Jalan Azki Aris hingga menuju ke Kuala Cenaku rusak parah bahkan ada beberapa titik jalan yang amblas kedalam sungai Indragiri akibat beban terlalu berat. (kpr/ril)



     
    Berita Lainnya :
  • Truk Tangki CPO PT SK Diduga Penyebab Kerusakan Jalan Azki Aris Hingga Kuala Cenaku
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    4 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    8 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    9 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
    10 Warga Kota Tengah Rohul Keluhkan Kondisi Jalan yang Rusak Menahun
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved