www.kapurnews.com
 
Arya-Zakia Terpilih Jadi Bujang Dara Riau 2017
Sabtu, 23-09-2017 - 12:23:31 WIB

TERKAIT:
 
  • Arya-Zakia Terpilih Jadi Bujang Dara Riau 2017
  •  

    KapurNews.com - Arya Purnama dan Zakia Sanla terpilih sebagai Bujang Dara Riau 2017 pada malam grand final di salah satu hotel di Kota Pekanbaru pada Jumat (22/9/2017) malam.

    Kemenangan tersebut merupakan kejutan pada penyelenggaraan sayembara duta pariwisata, yang menggunakan format baru, karena keduanya merupakan finalis dari peserta umum.

    "Penilaian keseluruhan tidak hanya dipanggung (final) tapi akumulasi dari karantina 10 hari sebelumnya," kata Ketua Dewan Juri Bujang Dara Riau 2017, Astrid, menjelaskan format baru penyelenggaraan.

    Pada Bujang Dara 2017 terdapat 50 orang finalis yang setengahnya adalah bujang dan dara terpilih mewakili 11 kabupaten/kota di Riau, sedangkan sisanya adalah finalis umum yang mendaftar secara online. Dewan juri menilai semua kandidat memiliki jiwa kompetitif tinggi, kemampuan ilmu, bakat dan bahasa yang cukup bagus.

    "Mereka aset dari negara kita, dan tentunya Riau. Saya apresiasi semua peserta, yang terpenting bukan menang atau kalah, tapi aktualisasi setelahnya," katanya.

    Arya Purnama dan Zakia Sanla merupakan peserta dari seleksi umum. Bahkan pada babak tiga besar sayembara itu, hanya tinggal dua bujang-dara asli dari daerah yang tersisa, yakni Said Zulkifli dari Kabupaten Indragiri Hulu dan Utari Ferdiani yang mewakili Kota Pekanbaru.

    Said Zulkifli mendapat peringkat dua Bujang Dara Riau 2017, bersama Sandi Matahati. Kerasnya kompetisi membuat Matahati, yang dari finalis umum, sempat lunglai akibat kelelahan dan terpaksa mengikuti wawancara babak tiga besar sambil duduk di kursi.

    Selain itu, peringkat tiga Bujang Dara Riau diraih oleh Tito Marselino dan Utari Ferdiani.

    Penerapan format baru membuat kompetisi mencari duta pariwisata itu menjadi meriah. Ribuan orang memadati ballroom utama hingga banyak yang rela berdiri karena tidak dapat kursi. Para pendukung kandidat membawa spanduk dan meneriakan yel-yel untuk jagoannya di atas pentas.

    Format baru kompetisi juga membuka peluang masyarakat umum untuk memilih lewat media sosial di kategori bujang dara favorit. Pemenang kategori ini adalah Kamar Zaman dengan perolehan 2.143 dukungan (like).

    Sementara itu, untuk kategori Bujang Persahabatan dimenangkan oleh Robi Akmal dan kategori intelegensia dimenangkan oleh M. Faisal Amri, serta kategori dara fotogenik dimenangkan oleh Sandeva Dewi.

    Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam pidatonya mengucapkan selamat bagi pemenang yang sudah melewati tantangan yang tidak mudah. "Tapi hasilnya tak selesai begitu saja. Begiu panggung redup tanda acara usai, finalis masuk babak baru, masuk dalam tahap implementasi," katanya.

    Ia berharap pengalaman dalam kompetisi Bujang Dara Riau 2017 bisa bermanfaat dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. "Mereka semua akan jadi Duta Riau. termasuk duta pariwisata. Implementasi ini yang jadi inti penyelenggaraan sehingga acara bukan sekedar seremoni," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman ini.

    Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman menambahkan, penyelenggaraan tahun ini mengalami peningkatan dari standar kompetensi dibanding tahun sebelumnya. Pada penyelenggaraan terdahulu proses seleksi hanya perwakilan dari kabupaten dan Kota di Provinsi Riau.

    "Saat ini persaingan lebih ketat bahkan mulai dari audisi yang sangat terbuka semisal sudah melibatkan peserta melalui jalur umum dan disertifikasi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi berstandar nasional. Peserta seleksi jalur umum dibuka secara luas untuk seluruh putra-putri Riau yang memenuhi kriteria seleksi," katanya.

    Tahapan seleksi yang relatif jauh lebih ketat itulah yang kemudian menjaring 25 pasang finalis. Ada 12 pasang utusan dari kabupaten/kota serta ditambah 13 pasang melalui jalur seleksi umum.

    Selain Gubernur Riau beserta istri, malam grand final Bujang Dara Riau 2017 juga dihadiri oleh petinggi dan jajaran Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti. Kemudian ada Duta Pariwisata Indonesia, Azka (Putra Generasi Pesona Indonesia) dan Indah (Putri Agro Wisata Indonesia).

    Acara yang dikemas bernuansa melayu itu juga menghadirkan Mulan Jameela, Micky AFI, Riau Rhythm Chambers Indonesia, dan David Flamenco. (*)


    Antara



     
    Berita Lainnya :
  • Arya-Zakia Terpilih Jadi Bujang Dara Riau 2017
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 KPU Kuansing Bakal Rekrut Anggota PPK, PPS dan KPPS, Ini Persyaratannya
    4 Raih Emas Ajang O2SN Tingkat Nasional, Pelajar Marsudirini Tualang Lolos ke Belgia
    5 Catat! Panwaslu Kuansing Rekrut Panwascam, Ini Syarat dan Tanggal Pendaftarannya
    6 DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
    7 Inilah 14 Parpol Diterima sebagai Calon Peserta Pemilu 2019
    8 Ditanya Soal RTRW Riau, Ini Tanggapan Presiden Jokowi
    9 Selingkuh, Politisi PDIP Dilaporkan Istri ke MKD
    10 Pria Ini Aktor di Balik Kepindahan Neymar ke PSG
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved