www.kapurnews.com
 
Mahasiswa Univeritas Riau Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Asap
Selasa, 10-09-2019 - 20:30:05 WIB
Kabut asap di Kota Pekanbaru
TERKAIT:
 
  • Mahasiswa Univeritas Riau Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Asap
  •  


    KapurNews.com - Kabut dan asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyelimuti Kota Pekanbaru, dan sekitarnya makin pekat. Buruknya kualitas udara mengakibatkan empat mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Riau harus menjalani perawatan di RS Universitas Riau (UR).

    "Saat dibawa ke RS UR pada siang hari hanya tiga mahasiswa, namun selang beberapa jam atau sebelum Ashar kemudian bertambah seorang lagi. Mereka sudah mendapat penanganan intensif tim medis RS UR," kata Nurul Pratiwi, Bupati Himpunan Mahasiswa PGSD Universitas Riau kepada Antara, di Pekanbaru Selasa 10 September 2019.

    Menurutnya, tiga mahasiswa tersebut berasal dari FKIP UR ialah Ayu Indah dan Tri Nobel yang masih berstatus mahasiswa baru jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) serta Widia Tresha mahasiswa baru jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Sedangkan korban lainnya yang terpapar kabut asap tebal adalah Afika Afri Islami, mahasiswa angkatan 2017.

    "Kalau Nobel dan Ayu memang sudah ada riwayat asma, tapi sebelumnya tidak pernah kambuh, namun hari ini asap pekat sekali, dan saat menunggu jam kuliah berikutnya maka mereka langsung kambuh," kata Nurul.

    Menurut Nurul, mahasiswa korban kabut asap tersebut mulai mengalami gangguan sesak napas saat menunggu jam dimulainya perkuliahan. Ketika dosen belum sempat masuk dan memberi materi, Afika dan Nobel mengalami sesak napas akut hingga tidak sadarkan diri.

    Pada pukul 15.00 WIB, Ayu Indah mengalami hal yang serupa hingga dirujuk ke RS Universitas Riau. Selang beberapa menit kemudian, Widia mahasiswa PGPAUD, juga merasakan sesak napas akut sulit untuk makan dan minum, hingga tidak sadarkan diri ketika jam mata kuliah berlangsung.

    "Kendati jam kuliah masih berlangsung, Ayu Indah dibawa segera ke RS dan kuliah otomatis dibubarkan. Mahasiswa yang menghirup asap tebal sudah banyak yang mengeluh dari kemarin, tapi yang pingsan dan membutuhkan perawatan intensif baru hari ini," ujar Muhammad Haekal S Nasution, Bupati Himaprodi PGSD UR.

    Haekal juga mengatakan hingga saat ini belum ada respons langsung dari dosen ataupun internal kampus terkait sejumlah mahasiswa yang dilarikan akibat kabut asap ini. Meskipun demikian, beritanya telah disebarkan di WhatsApp grup dengan anggotanya ketua Kelembaggan Himpunan Mahasiswa dan sejumlah dekan dan dosen.

    Untuk anggaran pengobatan korban, menurut Haekal, masih menjadi ditanggung oleh uang pribadi mahasiswa yang sakit tersebut. Atas kasus yang merugikan mahasiswa tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unri, sudah berkonsolidasi ke bagian rektorat dan berharap kampus menanggapi serius dengan mengeluarkan kebijakan meliburkan perkuliahan.

    "Kami berharap Rektorat menetapkan libur perkuliahan karena kami juga berhak kuliah dengan udara yang sehat, apa bedanya dengan pelajar SD yang diliburkan kini, sebab sama-sama bernapas dengan paru-paru," katanya. (*)

    Sumber: Antara





     
    Berita Lainnya :
  • Mahasiswa Univeritas Riau Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Asap
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
    9 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    10 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved