www.kapurnews.com
 
DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
Senin, 01-05-2017 - 16:25:08 WIB
Pengurus DPW Permata Riau berfoto bersama usai dikukuhkan
TERKAIT:
 
  • DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
  •  

    KapurNews.com - Ketua Umum DPP Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi (Permata) Yana Achbarie mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Permata Riau periode 2017-2022 yang diketuai Suroto, ST, MT, Sabtu (29/4/2017) kemarin di salah satu hotel di Pekanbaru.

    Pada pengukuhan yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka itu dihadiri Gubri yang diwakili Kadis PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto, Deputi IV Staf Kantor Kepresidenan Tatang Yaya B Tama serta ratusan undangan lainnya.

    Usai dilantik, Ketua DPW Permata Riau Suroto mengatakan, munculnya organisasi Permata karena perkembangan yang pesat transmigrasi di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau. Transmigran tetap membaur dan menjunjung adat istiadat masyarakat tempatan.

    "Transmigrasi telah membuka daerah-daerah terisolir. Sehingga, meratanya pembangunan," katanya.

    "Kami sudah membaur dengan masyarakat tempatan. Sehingga, tidak ada lagi istilah pendatang. Masyarakat transmigrasi yang ada di Riau tidak akan kembali ke daerah asalnya dan sudah menetap serta turut berpartisipasi dalam membangun daerah," sambung Suroto.

    Menurutnya, dari 6 juta lebih jumlah penduduk Riau, sekitar 30 persen diantaranya masyarakat tranmigrasi. Di era orde baru, program tranmigrasi berkembang dengan pesat, termasuk di Provinsi Riau. Namun, setelah era reformasi, program ini mulai meredup karena adanya otonomi daerah.

    Dikukuhkannya DPW Permata Riau, masih kata Suroto, pihaknya segera membentuk pengurus Permata di 12 kabupaten/kota di Riau. "Setelah semua DPC Permata terbentuk di 12 kabupaten/kota, kita akan mendata semua masyarakat tranmigrasi yang ada di Riau dan dimasukan sebagai anggota. Saya berharap, keberadaan Permata di Riau bisa membantu program pemerintah, khususnya menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat tranmigrasi," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Umum DPP Permata, Yana Achbarie mengatakan, organisasi Permata bertujuan untuk membantu program nawacita Presiden Jokowi, khususnya yang berhubungan dengan masyarakat tranmigrasi di sejumlah daerah di Indonesia.

    "Provinsi Riau merupakan daerah ketiga setelah Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara dikukuhkannya DPW Permata. Lahirnya Permata ini untuk membantu program nawacita Presiden Jokowi," kata Yana.

    Kemudian, Deputi Staf Presiden Tatang B Tama mengatakan, keberadaan Permata diharapkan mampu melakukan pengawasan sebagai fungsi pendamping terhadap program-program pemerintah di daerah, termasuk di Provinsi Riau.

    "Sebagai relawan, Permata mampu menjadi mata, telinga, kaki dan tangan Presiden. Sebab, mereka yang lebih tahu persoalan-persoalan di lapangan. Kita harapkan, peran Permata ini bisa dijalankan di Riau, dengan ikut berpartisipasi terhadap masalah di masyarakat. Hindari konflik, karena kita bisa mediasi, apalagi punya akses langsung ke Pak Presiden melalui saya," jelasnya.

    Gubernur Riau diwakili Kadis PU Dadang Eko Purwanto menilai, pemerintah provinsi Riau di bawah kepemimpinan Arsyadjuliandi Rachman begitu peduli dengan masyarakat, termasuk warga tranmigrasi di sejumlah daerah di Riau.

    "Pak Gubri sangat peduli dengan masyarakat tranmigrasi, baru-baru ini juga dibangun puluhan rumah untuk warga tranmigrasi di Kabupaten Inhil. Melihat komitmen Pak Gubri, sudah sepantasnya beliau menerima penghargaan dari Permata," kata Dadang. (kpr/lipo)



     
    Berita Lainnya :
  • DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    2 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    3 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    4 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    5 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    6 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    7 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    8 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
    9 Warga Kota Tengah Rohul Keluhkan Kondisi Jalan yang Rusak Menahun
    10 Johan: Ke Luar Negeri, PNS Harus Pedomani Permendagri No 41/2015
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved