www.kapurnews.com
 
DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
Senin, 01-05-2017 - 16:25:08 WIB
Pengurus DPW Permata Riau berfoto bersama usai dikukuhkan
TERKAIT:
 
  • DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
  •  

    KapurNews.com - Ketua Umum DPP Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi (Permata) Yana Achbarie mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Permata Riau periode 2017-2022 yang diketuai Suroto, ST, MT, Sabtu (29/4/2017) kemarin di salah satu hotel di Pekanbaru.

    Pada pengukuhan yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka itu dihadiri Gubri yang diwakili Kadis PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto, Deputi IV Staf Kantor Kepresidenan Tatang Yaya B Tama serta ratusan undangan lainnya.

    Usai dilantik, Ketua DPW Permata Riau Suroto mengatakan, munculnya organisasi Permata karena perkembangan yang pesat transmigrasi di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau. Transmigran tetap membaur dan menjunjung adat istiadat masyarakat tempatan.

    "Transmigrasi telah membuka daerah-daerah terisolir. Sehingga, meratanya pembangunan," katanya.

    "Kami sudah membaur dengan masyarakat tempatan. Sehingga, tidak ada lagi istilah pendatang. Masyarakat transmigrasi yang ada di Riau tidak akan kembali ke daerah asalnya dan sudah menetap serta turut berpartisipasi dalam membangun daerah," sambung Suroto.

    Menurutnya, dari 6 juta lebih jumlah penduduk Riau, sekitar 30 persen diantaranya masyarakat tranmigrasi. Di era orde baru, program tranmigrasi berkembang dengan pesat, termasuk di Provinsi Riau. Namun, setelah era reformasi, program ini mulai meredup karena adanya otonomi daerah.

    Dikukuhkannya DPW Permata Riau, masih kata Suroto, pihaknya segera membentuk pengurus Permata di 12 kabupaten/kota di Riau. "Setelah semua DPC Permata terbentuk di 12 kabupaten/kota, kita akan mendata semua masyarakat tranmigrasi yang ada di Riau dan dimasukan sebagai anggota. Saya berharap, keberadaan Permata di Riau bisa membantu program pemerintah, khususnya menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat tranmigrasi," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Umum DPP Permata, Yana Achbarie mengatakan, organisasi Permata bertujuan untuk membantu program nawacita Presiden Jokowi, khususnya yang berhubungan dengan masyarakat tranmigrasi di sejumlah daerah di Indonesia.

    "Provinsi Riau merupakan daerah ketiga setelah Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara dikukuhkannya DPW Permata. Lahirnya Permata ini untuk membantu program nawacita Presiden Jokowi," kata Yana.

    Kemudian, Deputi Staf Presiden Tatang B Tama mengatakan, keberadaan Permata diharapkan mampu melakukan pengawasan sebagai fungsi pendamping terhadap program-program pemerintah di daerah, termasuk di Provinsi Riau.

    "Sebagai relawan, Permata mampu menjadi mata, telinga, kaki dan tangan Presiden. Sebab, mereka yang lebih tahu persoalan-persoalan di lapangan. Kita harapkan, peran Permata ini bisa dijalankan di Riau, dengan ikut berpartisipasi terhadap masalah di masyarakat. Hindari konflik, karena kita bisa mediasi, apalagi punya akses langsung ke Pak Presiden melalui saya," jelasnya.

    Gubernur Riau diwakili Kadis PU Dadang Eko Purwanto menilai, pemerintah provinsi Riau di bawah kepemimpinan Arsyadjuliandi Rachman begitu peduli dengan masyarakat, termasuk warga tranmigrasi di sejumlah daerah di Riau.

    "Pak Gubri sangat peduli dengan masyarakat tranmigrasi, baru-baru ini juga dibangun puluhan rumah untuk warga tranmigrasi di Kabupaten Inhil. Melihat komitmen Pak Gubri, sudah sepantasnya beliau menerima penghargaan dari Permata," kata Dadang. (kpr/lipo)



     
    Berita Lainnya :
  • DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dinilai Tak Transfaran, Besaran Dana Program CSR di Kabupaten Siak Perlu Diaudit
    Dizolimi, DPRD Rohil Kecam Pemerintah Pusat
    DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
    HUT ke-31, RDX Juarai Turnamen Futsal CUP III Asperindo Riau
    Menangkan Lukman Edy di Pilgubri 2018, PKB Riau Mulai Susun Strategi
     
     
    INDEKS BERITA
    1 Mantan Bendaharawan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing Ditahan
    2 Pembayaran Kekurangan Gaji Tenaga Honorer Pemkab Kuansing Setelah Audit BPK
    3 Astaga! Istri Pergoki Suami Sedang 'Gituan' dengan Mertua
    4 Polisi Selidiki Dugaan Malpraktik Dokter di RS Awal Bros Pekanbaru
    5 Seruu...Inilah Undian Pacu Jalur Hari ke 3 Putaran Pertama di Tupian Rajo Pangean
    6 Bus Intra Masuk Jurang di Minas
    7 KPRI Karya Maju PGRI Kecamatan Benai Gelar RAT Tahun Buku 2016
    8 Tak Kuat Nanjak, Mobil Dinas Dispenda Masuk Jurang
    9 Rencana Pemkab Kuansing Beli Lahan Seperempat Hektare Senilai Rp2 Miliar Dipertanyakan
    10 Rp217 Miliar Dana Provinsi Masuk ke Kuansing
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved