www.kapurnews.com
 
5.050 Jamaah Calon Haji Riau Siap Berangkat
Senin, 09-07-2018 - 18:57:34 WIB

TERKAIT:
 
  • 5.050 Jamaah Calon Haji Riau Siap Berangkat
  •  

    KapurNews.com - Sebanyak 5.050 jamaah calon haji dari Provinsi Riau telah siap diberangkatkan ke Tanah Suci dalam musim haji 1439 Hijriah.

    "Pemberangkatan kloter 2 embarkasi Batam (BTH) atau Kloter 1 Provinsi Riau dimulai pada Rabu, 18 Juli 2018," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Riau, Erizon Efendi, Senin 9 Juli 2018.

    Dia menjelaskan, berbagai persiapan dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji musim haji 1439 Hijriah telah selesai. Hal ini antaranya pelaksanaan manasik haji, pelatihan untuk petugas haji, dan persiapan untuk panitia penyelenggara haji daerah dan provinsi.

    Ia menyebutkan, kuota awal daerah itu sebenarnya 5.064 orang. Namun ini menjadi berkurang karena ada yang mutasi 14 orang. Maka total hingga saat ini 5.050 orang, termasuk 33 orang dari Tim Pembimbing Ibadah Daerah (TPHD).

    Untuk pemberangkatan 5.050 calon haji asal Provinsi Riau, katanya, mereka akan tergabung dalam 11 kloter penuh. Sedangkan dua kloter gabungan dengan provinsi lain yang tergabung dalam embarkasi BTH, yaitu Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, dan sebagian Jambi.

    "Untuk Kloter 1 Riau akan masuk asrama pada Rabu, 18 Juli 2018, dan akan bertolak ke Madinah pada 19 Juli 2018 sekitar pukul 13.50 WIB dengan Saudi Arabian Ariline SV 5421 dengan jamaah sebanyak 450 orang terdiri JCH Pekanbaru 442 orang, tiga orang TPHD, dan lima orang petugas kloter," katanya.

    Erizon mengatakan pemberangkatan calon haji Riau pada 2018 masih sama seperti tahun sebelumnya. Ini karena embarkasi antara yang direncanakan masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan pada 2018.

    Kakanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan, menyebut haji merupakan nikmat yang luar biasa."Kesempatan ini adalah nikmat yang luar biasa dari Allah, nikmat yang besar yang patut disyukuri, karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan berhaji," katanya.

    Dari 2,8 miliar umat Islam di dunia, katanya, hanya 2,8 juta yang bisa berangkat haji. Dari 221 juta umat Islam di Indonesia, hanya 221.000 orang yang berkesempatan naik haji.Apalagi, katanya, aturan sekarang, tidak bisa lagi pergi haji berkali-kali.

    Ia menjelaskan kalau umat Islam berangkat haji tahun ini, dia baru boleh mendaftar 10 tahun lagi. Mereka yang berangkat haji sekarang, sejak delapan tahun lalu terdafatar, sedangkan mereka yang mendaftar tahun ini, 17 tahun mendatang baru bisa berangkat.

    "Oleh sebab itu anggaplah ini haji yang terakhir. Berdasarkan hitung-hitungan tak mungkin lagi bisa berangkat. Jadi jangan sia-siakan kesempatan berhaji ini," katanya.

    Sumber:Antara/republika.co.id




     
    Berita Lainnya :
  • 5.050 Jamaah Calon Haji Riau Siap Berangkat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    4 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved