www.kapurnews.com
 
Massa: Jadikan Kantor Keluarga di Pemprov Riau
Senin, 13-01-2020 - 19:41:36 WIB

TERKAIT:
 
  • Massa: Jadikan Kantor Keluarga di Pemprov Riau
  •  


    KapurNews.com - Puluhan massa yang mengatasnamakan Jaringan Investigasi Pemberantas Korupsi (Japikor) menggelar aksi di depan kantor Gubernur Riau, Senin 13 Januari 2020. Mereka menduga, proses pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Riau beberapa waktu lalu sarat dengan nepotisme.

    Karena itu, massa mendesak Gubri membatalkan Surat Keputusan Nomor: KPTS.45/1/2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat.

    Menurut mereka, dari ratusan pejabat yang dilantik, terdapat sejumlah nama yang notabene adalah kerabat dari Gubernur Riau Syamsuar dan Sekda Yan Prana Jaya.

    Pejabat yang dimaksud itu yakni, menantu Syamsuar, Tika Rahmi Syafitri dilantik sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) Retribusi pada Bagian Retribusi di Bapenda Riau. Selain menantunya, ada dua ajudan Syamsuar turut dilantik oleh Wagubri Edy Natar Nasution.

    Keduanya yakni, Raja Jehan Saputra diberikan jabatan sebagai Kasubag Hubungan Keprotokolan dan Alfi Sukrila sebagai Kasubag Tamu, Kepala Bagian Protokol, Biro Adpim Setdaprov Riau.

    Kemudian, pejabat yang disebut-sebut orang dekat Yan Prana, yakni istrinya bernama Fariza. Dia menduduki jabatan Kabid Pengembangan di BPSDM. Tak hanya Istri, kakak kandung Yan Prana yakni Prasurya Darma juga dilantik menjadi Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) dan adiknya, Dedi Herman diangkat sebagai Kabid Operasi Satpol PP.

    Tak sampai di situ, Rogi ajudan Yan Prana juga dilantik sebagai Kasubag Penggunaan Pengamanan dan Pemeliharaan Aset Sekda Bagian Administrasi Keuangan dan Umum Setdaprov Riau.

    Koordinator Lapangan (Korlap) Japikor, Isnaldi dalam orasinya mengatakan, pihaknya menduga ada praktek KKN dalam pelantikan dan pengangkatan pejabat di lingkungan Pemprov Riau. Menurut dia, orang yang mempunyai hubungan kekerabatan dengan Gubernur Riau dan Sekda Prov Riau dan diduga dilantik bukan berdasarkan kompetensi, jenjang karir dan keilmuan dan keahlian mereka.

    "Kita menduga dalam pelantikan itu terjadi KKN. Karena ada keluarga dan kerabat Gubernur serta Sekdaprov yang dilantik," katanya.

    Karena itu, massa mendesak Syamsuar mencabut SK tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemprov Riau.

    "Ada KKN dalam pelantikan pejabat eselon III dan IV. Karena berdasarkan pengalaman Gubernur sebelumnya, banyaknya kerabat dan keluarga vang memiliki jabatan strategis akan membuat sistem pemerintahan bersifat dinasti dan diduga akan mengarah ke Tipikor," sebutnya.

    Tak hanya itu saja, Japikor turut mendesak Gubernur Biau dan Sekdaprov Riau untuk mengangkat dan melantik ulang pejabat eselon III dan IV berdasarkan Undang-Undang (UU) dan peraturan yang berlaku, termasuk jabatan eselon II yang akan dilantik nantinya. "Kita mendasak Menpan RB untuk segera mengevaluasi pelantikan eselon III dan IV oleh Pemprov Riau," jelasnya.

    Pada aksi tersebut massa membawa spanduk dengan tulisan 'GUBERNUR DAN PAK SEKDA, SEKALIAN AJA LANTIK KELUARGA DAN TEMAN BAPAK SEMUANYA JADI PEJABAT, BIAR JADI KANTOR KELUARGA DI PEMPROV RIAU INI'

    'BAGI ASN YANG INGIN JADI PEJABAT DI PEMPROV RIAU CUKUP DEKAT DENGAN GUBERNUR DAN SEKDA, CONTOHNYA ISTRI, MENANTU, ABANG, ADIK BAHKAN AJUDAN PUN DAPAT JABATAN' (kpr/ckp)



     
    Berita Lainnya :
  • Massa: Jadikan Kantor Keluarga di Pemprov Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
    9 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    10 Warga Inhil, Ini Nomor Pengaduan PLN
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved