www.kapurnews.com
 
Dua Tersangka Korupsi di Dispora Riau Ditahan
Senin, 01-10-2018 - 21:44:05 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Dua Tersangka Korupsi di Dispora Riau Ditahan
  •  


    KapurNews.com - Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau menahan dua tersangka dugaan tindak pidana korupsi anggaran pemeliharaan sarana dan prasarana di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau.

    Kedua tersangka masing-masing berinisial M dan AH, dijebloskan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru, setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Pidana Khusus Kejati Riau, Senin sore.

    Dengan memakai rompi oranye, keduanya masing-masing menjabat sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk tersangka M, dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) tersangka AH itu tidak berkomentar terkait penahanan tersebut.

    Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Riau, Muspidauan mengatakan, kedua tersangka akan ditahan selama 20 hari ke depan. "Tersangka M dan AH ditahan selama 20 hari," ujarnya.

    Ia mengatakan, penahanan dilakukan untuk proses penuntutan. Penyidik akan menyusun berkas dakwaan agar perkara bisa dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Pekanbaru.

    Selain itu, jelasnya, kedua tersangka diduga melakukan korupsi kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana pada tahun 2016 di Dispora Riau. Modusnya, tersangka 'memecah-mecah' proyek agar tidak dikerjakan melalui proses lelang. "Proyek 'dipecah-pecah' dengan tujuan tidak dilelang," kata Muspidauan.

    Kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana di Dispora Riau tahun 2016 dianggarkan dari APBD Perubahan senilai Rp21 miliar. Dari audit yang dilakukan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Riau ditemukan penyimpangan Rp3,6 miliar. "Kerugiannya Rp3,6 miliar," kata Muspidauan.

    Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat (1), jo Pasal 3, Jo Pasal 12 huruf (i) Undang-undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

    Kuasa hukum terdakwa M, Wismar Hariyanto mengatakan bahwa kliennya menerima penahanan tersebut. Namun, dia mempertanyakan kenapa hanya kliennya yang ditetapkan sebagai tersangka. "Perasaan sedih tapi menerima proses hukum. Hanya klien kita bertanya, kenapa hanya mereka saja (yang ditetapkan sebagai tersangka)," ujarnya.

    Sebelumnya perkara ini ditingkatkan ke penyidikan pada Februari 2018 lalu. Selanjutnya pada 2 Mei 2018, M dan AH yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

    Dalam proses pengumpulan bahan dan keterangan, penyidik juga sudah memanggil Kepala Dispora Riau Doni Aprialdi, mantan Kadispora Edi Yusti, Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi dan Kepala Bappaeda Riau Rahmat Rahim. Penyidik juga memanggil sejumlah rekanan yang mengerjakan proyek tersebut. (*)

    Sumber: Antara




     
    Berita Lainnya :
  • Dua Tersangka Korupsi di Dispora Riau Ditahan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    4 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved