www.kapurnews.com
 
Janjikan Korban Sebagai PSM, SAR Diamankan Polres Inhil
Jumat, 16-06-2017 - 11:40:46 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Janjikan Korban Sebagai PSM, SAR Diamankan Polres Inhil
  •  

    KapurNews.com - Sat Reskrim Polres Inhil mengamankan seorang laki-laki, yang diduga menjadi pelaku tindak pidana penipuan, pada Kamis (15/6/2017) sekira pukul 18.00 WIB.

    SAR (30) yang ditangkap di Jalan Batang Tuaka Kelurahan Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan ini dilaporkan oleh 17 korbannya, yang telah merasa ditipu dengan menyerahkan sejumlah uang.

    Para korban tersebut dijanjikan bekerja sebagai Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) pada Dinas Sosial Kabupaten Inhil.

    Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung melalui Kasat Reskrim, AKP Arry Prasetyo menjelaskan, penipuan tersebut berawal pada pertengahan bulan April 2017 lalu, ketika terduga pelaku mulai menghubungi para korban melalui handphone dan menawarkan pekerjaan sebagai tenaga PSM yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Kabupaten Inhil.

    "Kepada para korban, pelaku menyebutkan bahwa mereka akan mendapat gaji Rp800.000 perbulan," terang AKP Arry.

    Korban-korban ini juga dijanjikan langsung mengikat kontrak dan mendapat fasilitas berupa baju dinas Pemda, baju batik dan baju olahraga.

    Setelah berjalan selama kurang lebih 1,5 bulan, beberapa korban yang seharusnya sudah menerima gaji mendatangi terduga pelaku, namun pelaku beralasan bahwa karena baru bulan pertama masih dianggap training atau percobaan dan mereka belum menerima gaji.

    Pelaku kemudian malah memberi angin kepada para korban, dengan mengatakan guna mendapatkan tunjangan lebih para korban disuruh lagi mencari kawannya yang lain, untuk meminta kerja kepada terduga pelaku.

    Setelah ditunggu-tunggu sekian lama, para korban mulai merasa curiga, karena hanya disuruh mengisi blangko yang itu-itu saja, namun tidak memiliki kantor yang tetap, sehingga mereka berinisiatif untuk mendatangi kantor Dinas Sosial Kabupaten Inhil, guna mengkonfirmasi status mereka sebagai PSM, yang selama ini dikordinir oleh terduga pelaku.

    Setelah mendatangi Dinas Sosial, para korban mendapat informasi bahwa untuk saat ini tidak ada pembukaan lowongan kerja sebagai PSM, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten.

    Ketika itu, para korban juga mendapat penjelasan dari pihak Dinas Sosial bahwa untuk penerimaan lowongan sebagai PSM (kontrak) pendaftaran melalui online dan tidak sama sekali dipungut biaya (gratis).

    Selain itu, cara kerja sebagai PSM juga tidak seperti yang diperintahkan pelaku kepada para korban hanya mengisi blangko, melainkan setiap satu orang PSM akan ditempatkan di satu kecamatan, bertugas mendata masyarakat yang memerlukan bantuan.

    Mendapat konfirmasi dan klarifikasi dari pihak Dinas Sosial, para korban akhirnya menyadari bahwa mereka telah ditipu oleh terduga pelaku dan selanjutnya melaporkan kasus penipuan tersebut ke Polres Inhil.

    Berdasarkan laporan resmi yang diterima dari pihak korban, selanjutnya unit Pidum Sat Reskrim melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku.

    Akibat kejadian tersebut, para korban mengalami kerugian yang masing-masing berkisar antara Rp1.400.000 sampai dengan Rp2.400.000, dengan total kerugian kurang lebih Rp24.000.000.

    "Saat ini, terduga pelaku sudah diamankan di Polres Inhil dan terhadap dirinya akan disangkakan dengan pasal 378 KUHP," tutupnya. (kpr/ali)



     
    Berita Lainnya :
  • Janjikan Korban Sebagai PSM, SAR Diamankan Polres Inhil
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dinilai Tak Transfaran, Besaran Dana Program CSR di Kabupaten Siak Perlu Diaudit
    Dizolimi, DPRD Rohil Kecam Pemerintah Pusat
    DPW Permata Riau Dikukuhkan, Suroto: Transmigran Sudah Membaur dengan Masyarakat Tempatan
    HUT ke-31, RDX Juarai Turnamen Futsal CUP III Asperindo Riau
    Menangkan Lukman Edy di Pilgubri 2018, PKB Riau Mulai Susun Strategi
     
     
    INDEKS BERITA
    1 Mantan Bendaharawan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing Ditahan
    2 Pembayaran Kekurangan Gaji Tenaga Honorer Pemkab Kuansing Setelah Audit BPK
    3 Astaga! Istri Pergoki Suami Sedang 'Gituan' dengan Mertua
    4 Polisi Selidiki Dugaan Malpraktik Dokter di RS Awal Bros Pekanbaru
    5 Seruu...Inilah Undian Pacu Jalur Hari ke 3 Putaran Pertama di Tupian Rajo Pangean
    6 Bus Intra Masuk Jurang di Minas
    7 KPRI Karya Maju PGRI Kecamatan Benai Gelar RAT Tahun Buku 2016
    8 Tak Kuat Nanjak, Mobil Dinas Dispenda Masuk Jurang
    9 Rencana Pemkab Kuansing Beli Lahan Seperempat Hektare Senilai Rp2 Miliar Dipertanyakan
    10 Rp217 Miliar Dana Provinsi Masuk ke Kuansing
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved