www.kapurnews.com
 
Wartawan, LSM, hingga Pengusaha Kecipratan Dana Suap Fee Proyek Bupati
Kamis, 03-01-2019 - 19:41:42 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Wartawan, LSM, hingga Pengusaha Kecipratan Dana Suap Fee Proyek Bupati
  •  


    KapurNews.com - Kasus dugaan suap Bupati Malang Rendra Kresna, dengan terdakwa Ali Murtopo yang digelar perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, menguak fakta soal aliran dana fee proyek.

    Jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Joko Hermawan, saat membacakan dakwaan mengungkap bagaimana proses uang fee yang berasal dari berbagai proyek tersebut mengalir ke kantong Bupati Rendra.

    Tidak hanya itu, dalam dakwaan juga disebutkan jika beberapa pengusaha, LSM bahkan wartawan, juga kecipratan uang fee proyek tersebut.

    Rendra yang mencalonkan diri sebagai bupati, saat itu diketahui meminta dukungan dana kampanye pada para pengusaha yang tergabung dalam tim sukses.

    Imbalannya, proyek-proyek yang ada di lingkungan Pemkab Malang, akan diberikan pada para pengusaha yang tergabung dalam tim suksesnya tersebut.

    Bupati Rendra rupanya menepati janjinya. Ia pun memerintahkan pada para kepala dinas, agar membantu memenangkan lelang proyek pada para pengusaha yang sudah ditunjuknya.

    Pertemuan antara pengusaha yang tergabung dalam tim sukses Bupati Rendra terus mengadakan pertemuan secara intensif. Hingga pada akhirnya, tercapai kesepakatan, jika pemenang lelang proyek harus memberikan fee dengan besaran yang sudah ditentukan.

    "Untuk proyek di Dinas Pengairan 17,5 persen hingga 20 persen, untuk Dinas Pekerjaan Umum sebesar 15 hingga 17 persen. Sedangkan untuk Dinas Pendidikan, fee yang diminta 17 hingga 20 persen. Dalam kasus ini, Ali Murtopo merupakan pemenang proyek di Dinas Pendidikan," ujarnya, Kamis 3 Januari 2019.

    Hingga pada Desember 2011, para pemenang proyek menerima pembayaran dari Pemkab Malang atas pekerjaan yang diberikan. Dalam kasus ini, terdakwa pun menerima uang pembayaran dari empat proyek dengan nilai total Rp29,5 miliar.

    Selanjutnya, sebagian uang tersebut dibayarkan oleh terdakwa atas pekerjaan yang didapat sebesar Rp23,9 miliar. Sisanya, diberikan kepada Bupati Rendra sebagai komitmen fee sebesar 7,5 persen secara bertahap.

    Rinciannya, Rp880 juta diberikan terdakwa pada Bupati Rendra melalui seseorang bernama Eryk Armando Talla. Atas perintah Rendra, uang tersebut dibagikan pada sejumlah wartawan dan LSM.

    Kemudian atas perintah Rendra, terdakwa diminta memberikan uang sebesar Rp500 juta pada Eryk, untuk digunakan membayar utang biaya Pilkada pada Iwan Kurniawan.

    Selanjutnya, terdakwa kembali memberikan uang sejumlah Rp750 juta dan Rp350 juta pada Rendra melalui asisten pribadinya, Budiono. Terakhir, terdakwa memberikan uang sebesar Rp546 juta pada Rendra melalui Eryk.

    "Total uang diterima oleh Bupati Rendra melalui terdakwa sebesar Rp3,026 miliar, sementara sisanya Rp2,5 miliar dipakai untuk kepentingan pribadi terdakwa," tegas jaksa.

    Atas kasus ini, terdakwa pun dijerat dengan pasal 5 ayat 1 huruf b Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 64 ayat KUHP. (*)

    Sumber: merdeka.com



     
    Berita Lainnya :
  • Wartawan, LSM, hingga Pengusaha Kecipratan Dana Suap Fee Proyek Bupati
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved