www.kapurnews.com
 
Lima Tersangka Korupsi Proyek Drainase Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru Ditahan
Kamis, 27-12-2018 - 12:51:32 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Lima Tersangka Korupsi Proyek Drainase Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru Ditahan
  •  


    KapurNews.com - Kejaksaan Negeri Pekanbaru menahan lima tersangka tindak pidana korupsi pembangunan proyek drainase Paket A Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru yang diduga mengakibatkan kerugian negara hingga Rp2,5 miliar.

    Penahanan itu dilakukan setelah kelima tersangka, yakni dari pegawai negeri sipil dan swasta itu menjalani proses tahap II atau pelimpahan berkas dan tersangka ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Rabu 26 Desember 2018.

    "Penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan," kata Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Pekanbaru, Yuriza Antoni seraya mengatakan penahanan dilakukan di Rutan Klas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru.

    Dijelaskannya, tersangka itu adalah, Ichwan Sunardi, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Windra Saputra selaku Ketua Pokja, dan Rio Amdi Parsaulian, selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Kemudian, Sabar Jasman, Direktur PT Sabarjaya Karyatama, rekanan proyek yang dikerjakan tahun 2016 lalu, serta Iwa Setiady selaku Konsultan Pengawas dari CV Siak Pratama Engineering.

    Sebelumnya, mereka telah ditahan dan dititipkan di Rutan Klas IIB Pekanbaru sejak awal November 2018 atau saat dalam tahap penyidikan. Lebih jauh, ia menuturkan jika pelimpahan itu dilakukan usai berkas perkara dinyatakan lengkap oleh Jaksa Peneliti. Direncanakan, berkas perkaranya akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru di awal tahun mendatang. "Surat dakwaannya sudah rampung. Kita target dilimpahkan ke pengadilan pada 4 Januari mendatang," jelasnya. 

    Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan sebanyak sepuluh orang jaksa yang menjadi penuntut umum. Para jaksa tersebut akan bertugas membuktikan dakwaan di persidangan. "Kita siapkan 10 JPU. Saya sebagai ketua timnya," tutur mantan Kasi Pidsus Kejari Pelalawan. 

    Sebelumnya, Sabar Jasman bersama empat pesakitan lainnya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan gelar perkara atau ekspos yang dilakukan pada Selasa 9 Oktober 2018 lalu.

    Hasil ekspos itu menjelaskan bahwa terdapat cukup alat bukti untuk menentukan tersangka. Mereka merupakan pihak yang bertanggungjawab dalam penyimpangan proyek yang dikerjakan pada tahun 2016 lalu itu.

    Dalam pengusutan perkara rasuah ini, penyidik telah memeriksa puluhan saksi. Mereka terdiri dari sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pihak rekanan. Selain memeriksa saksi fakta, penyidik juga telah menurunkan ahli untuk mengecek fisik proyek pada akhir Juni 2018 lalu.

    Proses cek fisik tersebut dilakukan tim ahli dibantu tenaga dan alat-alat dari Pidsus Kejari Pekanbaru.

    Dugaan korupsi itu terjadi pada tahun 2016 lalu. Saat itu, Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Sumber Daya Air Provinsi Riau melakukan pembangunan drainase di Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru Paket A.

    Pembangunan drainase yang dilakukan di sepanjang jalan dari simpang Jalan Riauhingga simpang Mal SKA Pekanbaru dengan anggaran sebesar Rp14,3 miliar lebih, bersumber dari APBD Riau tahun 2016.

    Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa pekerjaannya yang tidak sesuai dengan kontrak yang mengakibatkan timbulnya kerugian keuangan negara sebesar Rp2.523.979.195.

    Angka itu berdasarkan hasil perhitungan audit BPKP Provinsi Riau tanggal 18 September 2018. Terkait angka kerugian negara itu, penyidik belum ada menerima pengembalian kerugian negara dari para tersangka. 

    Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (*)

    Sumber: Antara



     
    Berita Lainnya :
  • Lima Tersangka Korupsi Proyek Drainase Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru Ditahan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved