www.kapurnews.com
 
Gol Tunggal Evan Dimas Antarkan Indonesia Tekuk Mauritius
Selasa, 11-09-2018 - 19:38:41 WIB
Evan Dimas
TERKAIT:
 
  • Gol Tunggal Evan Dimas Antarkan Indonesia Tekuk Mauritius
  •  


    KapurNews.com - Tim nasional sepak bola Indonesia menaklukkan Mauritius 1-0 pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Selasa 11 September 2018. Indonesia yang gagal memaksimalkan peluang emas sepanjang laga akhirnya mencetak gol pada menit akhir waktu normal lewat gol Evan Dimas Darmono.

    Dalam pertandingan ini, timnas Indonesia menurunkan Boaz Solossa sebagai penyerang tunggal, disokong Stefano Lilipaly sebagai gelandang serang tepat di belakangnya. Pergerakan kedua pemain itu ditopang dua sayap Febri Hariyadi dan Irfan Jaya di sisi kiri-kanan.

    Sementara Mauritius memainkan pemain jebolan Piala Dewan Asosiasi Afrika bagian Selatan (COSAFA) 2018 seperti kiper Kevin Jean Louis, bek Jonathan SpĂ©ville dan gelandang Adel Langue sejak menit pertama. 

    Jalannya laga
    Indonesia mengawali pertandingan dengan berusaha tampil menekan dan bermain cepat. Sementara Mauritius mengembangkan tempo sedang. Lima menit pertama pertandingan tak ada ancaman yang berarti. 

    Pada menit ke-10, Indonesia mencoba peruntungan pertama ke gawang Mauritius.  Lewat umpan sayap kanan dari Irfan, bola lambung diterima Hansamu Yama yang membantu serangan di dekat gawang lawan. Sayang, sepakan keras kaki kanan Hansamu hanya membuat bola melambung ke atas gawang. Padahal Hansamu dalam posisi bebas tak terjaga.

    Mauritius membalas dengan serangan balik. Pada menit ke-13, sepakan keras Noel Gary dari luar kotak 16 melesat ke arah gawang Indonesia. Tetapi, kiper Awan Setho berhasil mengantisipasi.

    Skor masih 0-0 sampai menit ke-15. Lilipay kembali membuka peluang pada menit ke-19. Aksinya di area pertahanan Mauritius, dikawal tiga pemain belakang. Pemain Bali United itu sempat melepas sepakan. Tetapi cuma menghasilkan sepak pojok. Namun peluang membuka keunggulan masih gagal.

    Mauritius bukan tanpa peluang. Tercatat, Awan Setho tiga kali berhasil menepis sepakan akurat para pemain tamu hingga menit ke-25.

    Kerja sama tiga pemain lini depan Indonesia berhasil membuat para pemain Mauritius kocar-kacir. Pada menit ke-27, Febri menyisir dari sektor kiri. Serangan cepat mengantarkan bola ke tengah. Ada Lilipaly yang menjadi tujuan. Dengan cepat, Lilipaly meneruskan bola kepada Boaz. Sayang, umpan terlalu deras. Boaz yang berusaha menjemput bola, terekam wasit menggunakan tangan. 

    Skema serupa kembali terjadi pada menit ke-30. Peran aktif Febri dari sayap kiri ampuh membuat para pemain Mauritius kerepotan. Bola ia teruskan kembali ke Lilipaly yang berada di tengah. Sekali sentuhan, Lilipaly menyorongkan bola kepada gelandang bertahan Evan Dimas yang membantu serangan. Evan berhasil lolos dari kawalan dan melepas sepakan keras ke arah gawang. Namun karena mengarah ke kiper Kevin Jean- Louis, bola berhasil diamankan dengan mudah. Skor masih tetap 0-0.

    Pada menit ke-33, gelandang bertahan Zulfiandi tampak terkapar kesakitan di tengah lapangan akibat pelanggaran. Kurniawan Dwi Yulianto yang mendampingi timnas di bangku cadangan karena Bima Sakti menjalani sanksi akibat kartu merah pada laga Asian Games lalu, menarik Zulfiandi keluar digantikan Bayu Pradana.

    Lima menit menjelang rehat, para pemain Indonesia berusaha keras membuka keunggulan. Pada menit ke-41, kerja sama Irfan Jaya dan Boaz, mengantarkan bola kepada Febri yang berada di kotak 16. Gelandang milik Persib Bandung itu mencari ruang tembakan keras. Lagi-lagi, sepakan Febri melambung ke atas gawang. Skor 0-0 bertahan sampai peluit rehat.

    Mengawali babak kedua, Kurniawan memasukkan Riko Simanjuntak menggantikan Irfan Jaya. Sementara pelatih Mauritius Francisco Filho menarik Jean Patate dan menggantinya dengan Francis Rasolofonirina. Masuknya Riko membuat sayap kanan Indonesia semakin cepat. Berkali-kali Riko merepotkan bek kiri Mauritius.

    Tapi sayap kanan Indonesia juga tak kalah agresif. Pada menit ke-54, Febri melepas operan ke Boaz di kotak penalti. Sang kapten langsung melepas sepakan kaki kiri yang bisa ditahan kiper Jean-Louis.

    Kurniawan kemudian menarik Boaz pada menit ke-59. Ia memasukkan Septian David Maulana. Keluarnya Boaz membuat tim Merah-Putih bermain dengan false nine, dengan Lilipaly menjadi penyerang.

    Indonesia terus membombardir pertahanan tim tamu. Sayangnya, lemahnya operan akhir membuat peluang kerap terbuang percuma. Menit ke-66, Indonesia mendapatkan peluang saat Evan Dimas dijegal di luar kotak penalti. Eksekusi Lilipaly yang mengarahkan bola ke sisi kanan bawah bisa diantisipasi Jean-Louis.

    Lima menit berselang, Lilipaly nyaris membuka skor. Menerima bola di kotak penalti, sepakan Lilipaly tepat mengarah ke Jean-Louis yang menutup ruang tembak.

    Mauritius hanya bisa sesekali menyerang. Namun tidak ada serangan yang membahayakan gawang Awan Setho.

    Semmentara Jean-Louis terus bekerja keras menahan gempuran Indonesia. Menit ke-87, ia menahan sepakan keras Ilham Udin yang masuk pada menit ke-78 menggantikan Febri.

    Gawang Jean-Louis akhirnya bobol juga pada menit ke-90. Pemain pengganti Dedik Setiawan menjadi aktor. Baru semenit masuk ke lapangan menggantikan Lilipaly, ia lolos di sisi kanan pertahanan Mauritius. Sepakan kaki kirinya berhasil dihentikan Jean-Louis, tapi bola mengarah ke Evan Dimas di depan gawang. Sekali mengontrol, Evan menempatkan bola ke sisi kosong untuk membuat Stadion Wibawa Mukti bergemuruh. Gol ini menjadi satu-satunya yang tercipta pada laga ini.

    Susunan pemain:
    Indonesia (4-2-3-1)
    Awan Setho; Gavin Kwan, Hansamu Yama, Fachrudin Aryanto, Rizki Pora; Zulfiandi (Bayu Pradana 35'), Evan Dimas (Hanif Sjahbandi 90+4'); Irfan Jaya (Riko Simanjuntak 46'), Stefano Lilipaly (Dedik Setiawan 88'), Febri Hariyadi (Ilham Udin 78'); Boaz Solossa (Septian David Maulana (59').

    Mauritius (4-4-2)
    Jean-Louis Kevin; Speville Jonathan, Augustine Fabrice, Rose Lindsay, St Martin Walter; Villeneuve Jeremy, Jocelyn Mervin (Fabrice Brasse 71'), Langue Adel, Jean Jaques Patate (Francis Rasolofonirina 46'); Gary Noel (Kevin Perticots 79'), Justin Jonathan (Stephane Nabab 88'). 

    Sumber: Republika



     
    Berita Lainnya :
  • Gol Tunggal Evan Dimas Antarkan Indonesia Tekuk Mauritius
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    4 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved