www.kapurnews.com
 
Polda Riau Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019
Senin, 15-10-2018 - 12:10:19 WIB

TERKAIT:
 
  • Polda Riau Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019
  •  


    KapurNews.com - Polda Riau menggelar "Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang Aman, Sejuk dan Kondusif di Provinsi Riau", Senin 15 Oktober 2018, di salah satu hotel di Pekanbaru. 

    Acara Deklarasi Damai ini dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo,, MM, Plt Gubernur Riau (Gubri) Thamrin Hasyim, Ketua DPRD Riau Septina Primawati Rusli, Forkopimda Riau dan Kabinda Riau Marsma TNI Rakhman Haryadi.

    Hadir pula, perwakilan Kemenhan RI Provinsi Riau, Ketua dan Komisioner KPU Riau, Ketua dan Pimpinan Bawaslu Riau, Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Ketua MUI Riau, Para Ketua Parpol, Calon DPD RI, Ketua KPIDaerah Riau, Ketua KIPD Riau, serta Rektor Universitas di Riau.

    Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan diteruskan dengan pembacaan doa. Dilanjutkan dengan tari persembahan serta kata sambutan dari Ketua KPU Riau, Nurhamin.

    Ketua KPU Riau Nurhamin mengharapkan situasi yang aman dan kondusif menjelang dan saat pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. Sinergitas antar kembaga pemerintahan yang ada di Provinsi Riau, sebutnya, membuat situasi yang aman dan kondusif.

    "Selama ini, kami dan seluruh elemen pemerintahan serta elemen masyarakat terkait sudah terjalin kerja sama yang baik," ungkapnya. Ini merupakan bentuk soliditas kita dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif jelang Pemilu 2019," ungkapnya.

    Sedangkan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan menyampaikan, pelaksanaan Pemilu Damai dan akuntabel serta berintegritas merupakan tujuan yang diharapkan bersama.

    Rusidi juga mengingatkan soal netralitas ASN dalam Pemilu dan soliditas penyelenggara Pemilu. Bawaslu Riau mendukung penuh kegiatan Deklarasi Damai yang dilaksanakan Polda Riau. "Hal ini dapat mengingatkan kita semua tentang komitmen kita menjaga Pemilu yang damai di Provinsi Riau," katanya.

    "Juga antisipasi penyebaran Hoax, kampanye bersifat SARA dan Black Campaign," ucapnya.

    Sementara, pada Deklarasi Damai itu, Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Datuk Sri Al Azhar mengatakan, dalam adat Melayu, Demokrasi merupakan aplikasi dari budaya yang ada di Negeri Melayu ini.

    Dikatannya, Pemilu yang aman, sejuk dan kondusif merupakan tujuan bersama. "Jangan mencedarai nilai-nilai adat Melayu, jangan tampil meraja-raja di kampung raja, jangan menghulu-hulu di kampung hulu," ungkapnya.

    Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menyampaikan beberapa hal, di antaranya pengalaman pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Bupati dan Wabup Inhil tahun 2018 lalu yang berjalan dengan baik, aman dan kondusif. "Mari kita jaga Riau yang aman, sejuk dan kondusif," ajaknya.

    Plt Gubri mengapresiasi penuh pelaksanaan Deklarasi ini. "Kemesraan di Riau jangan berlalu, mari terus dekatkan diri secara bersama," kata Wan Thamrin.

    Harapkan Sinergitas
    Sementara, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Prihastopo mengharapkan, adanya sinergitas dari segenap unsur pelaksana Pemilu 2019, sehingga Pemilu 2019 di Riau akan berjalan dengan damai.

    Kapilda mengingatkan, waktu kampanye yang cukup panjang ini hendaknya dikelola dengan damai. "Hal tersebut bukan hanya kewajiban Polri saja, namun juga merupakan kewajiban kita bersama seperti TNI, KPU, Bawaslu dan segenap unsur masyarakat Riau," terangnya.

    Dinamika politik, kata Kapolda, saat ini bergulir dengan dinamis. Berita HOAX di media sosial dikhawatirkan berakibat dan menjadi potensi kerawanan. "Polda Riau dan jajaran mengajak untuk menjaga terhadap kondisi yang tidak diharapkan. Mari sama-sama kita jaga Pemilu Riau supaya Aman, Sejuk dan Kondusif," ungkap Kapolda.

    Pembacaan Deklarasi dilakukan Ketua Timses Paslon Capres dan Cawapres RI, para Ketua Partai Politik dan Calon DPD RI.

    Deklarasi tersebut yaitu melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan Perundang-undangan yang berlaku, melaksanakan kampanye Pemilu yang tertib, berintegritas tanpa HOAX, politisasi SARA, Black Campaign, dan Politik uang, menjaga dan memelihara Kamtibmas untuk menciptakan situasi yang aman, damai, sejuk, dan kondusif di Provinsi Riau. (rls)




     
    Berita Lainnya :
  • Polda Riau Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved