www.kapurnews.com
 
Caleg DPRD Pekanbaru Ini Berbicara Soal Pilihan
Minggu, 02-12-2018 - 13:06:58 WIB
Hendri Agustira
TERKAIT:
 
  • Caleg DPRD Pekanbaru Ini Berbicara Soal Pilihan
  •  


    SAMPAI tahun depan hari-hari kita, terutama dalam percakapan di media sosial dan warung kopi, juga diskusi ringan suami istri sebelum beranjak tidur, adalah soal pilihan. Siapa capres pilihan dari dua kandidat yang ada. Hanya dua pilihan.

    Tapi yang tak kalah rumit adalah memilih calon legislatif. Ada ratusan orang kandidat wakil rakyat yang tersebar di berbagai partai untuk berbagai jenjang: DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, dan DPD. Bagaimana caranya mengenali mereka?

    Satu-satunya cara adalah dengan mencari tahu sosok, ketokohan, rekam jejak dan testimoni orang-orang yang mengenal dari dekat sang calon (caleg).

    Dari rumus itu, dan karena saya warga Tampan, Pekanbaru, saya ingin obrolkan sedikit tentang salah seorang kandidat lagislator, calon wakil rakyat wakil  warga Tampan untuk DPRD Kota Pekanbaru.

    Namanya Hendri Agustira, lebih akrab disapa Tira, sebuah nama yang bermakna menyejukkan. Tira itu artinya lembut, empati dan mudah tersentuh hatinya. Tira dalam bahasa Skotlandia artinya tanah, tempat dimana kehidupan tumbuh. Dalam bahasa India, Tira bermakna pantai, di mana laut dan pelaut mengadu dan berlabuh.

    Oke, ini bukan soal sekadar nama. Mari kita kuliti sosok satu ini.

    Hendri Agustira, sarjana Ilmu Komunikasi ini tahun depan akan ada dalam kertas suara pemilu 2019. Ia dikirim Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mewakili warga Tampan di DPRD Kota Pekanbaru.

    Sebetulnya saya agak "kecewa" kenapa ia memutuskan terjun ke dunia politik menjadi caleg. Bukan karena kerasnya dunia politik, melainkan di komunitas sebelumnya -- media - Tira masih sangat dibutuhkan. Ia memiliki apa yang jarang dipunyai orang lain seusianya: kemampuan menjalin jaringan dan komunikasi dengan lintas lapisan,  kelompok partikelir maupun birokrasi, dekat dengan kalangan pebisnis maupun  aktif di organisasi keagamaan (Tira juga menjabat Ketua Dewan Masjid-DMI-Kecamatan Tampan).

    Tapi ketika Tira memutuskan ikut nyaleg, maka satu-satunya cara mengikhlasnyanya adalah dengan melihat nilai-nilai positif dari seluruh kemampuan yang telah ia tabung. Dan patutlah saya ikut menaruh harapan atas pencalegan dirinya. Karena saya tahu, ia memiliki modal yang cukup untuk itu.

    Modal itu, seperti kata orang kampung saya adalah TAKAH dan  TOKOH. Takah itu artinya kapabel (ilmu dan pengalaman), dan pantas (muda dan berprestasi). Sementara tokoh, adalah rekam jejak Tira dalam banyak organisasi, kampus, pers (Pemimpin Redaksi Harian terkemuka di Riau, Ketua PWI Pekanbaru (2014-2017), dan keagamaan (Dewan Masjid Indonesia -DMI). Tira juga aktif di bidang kebudayaan  lintas negara. Ia aktif bersama sejumlah seniman Malaysia.

    Saya pikir dengan sejumlah modal itu kita akan mudah menakar kemampuannya untuk menjadi politisi yang bagus, dan kelak menjadi legislator di parlemen. Pengetahuan empiris kita tentang Tira membuat kita lebih optimis kepadanya ketimbang caleg lain yang datang dengan pengalaman minim.

    Oke itu, saja sedikit obrolan tentang salah satu caleg, demi memenuhi tuntutan tadi: "Bagaimana cara mengenali mereka?" ***



     
    Berita Lainnya :
  • Caleg DPRD Pekanbaru Ini Berbicara Soal Pilihan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    4 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved