www.kapurnews.com
 
Budak Awak Balek Kampung, Erwan: Kalau Tak Kito Siapo Lagi
Selasa, 13-11-2018 - 17:54:59 WIB
Erwan Sani
TERKAIT:
 
  • Budak Awak Balek Kampung, Erwan: Kalau Tak Kito Siapo Lagi
  •  


    KapurNews.com - Menjadi politikus itu sudah fitrah setiap orang. 'Di rumahpun terkadang kita juga harus berpolitik' kata Erwan SE, yang akrab disapa Erwan Sani atau Iwan ini ketika diwawancara awak media.

    Pria kelahiran Bengkalis 38 tahun lalu ini juga menegaskan untuk berpolitik sebenarnya sudah tertancap sejak duduk di bangku kuliah di Pekanbaru tahun 1999 lalu.

    Berbagai ilmu didapatkan saat menimba ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Suska yang saat itu masih bernama Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Qasim. Bagaimanapun sempat mengemban sebagai Sekretaris Parlemen Kampus yang saat itu bersama teman sejawatnya Misliadi.

    Selain itu juga bersama-sama Indra Rosadi dan teman-teman juga aktif di PMII meskipun tidak pernah menduduki kepengurusan inti.

    Meskipun reformasi 1997, tapi di tahun 1998-1999 masih terasa hangatnya di kampus. Apalagi Kampus IAIN menjadi salah satu tempat penggerakan mahasiswa di Riau. Jadi berbagai aksi kampus pun pernah dijalaninya. "1998-1999 aksi-aksi di kampus terus terjadi dan paling tidak saya ada juga di dalamnya. Itu realitanya," kata Erwan meyakinkan.

    Tapi diakuinya, kalau dirinya dulu lebih fokus di bidang olahraga terutama sepakbola. Sebab, senior dan teman-teman kampus lebih mengenal sebagai penjaga gawang. Bahkan berbagai iven antar kampus di Indonesia pernah diikuti. Terutama Pomnas sepak bola di Lampung dan Bandung saat itu mewakili kampus di Riau.

    "Alhamdulillah di Lampung Riau runner up. Saat itu kalah lawan Kalimantan Barat," kata Erwan sambil tersenyum mengenang masa-masa di pertandingan antar kampus se Indonesia.

    Tunak di bidang politik kemasyarakatan, kata Erwan atau akrab dengan nama penanya di dapur redaksi Riau Pos, Erwan Sani, saat menjadi reporter di lapangan. Sebab posko liputan di pemerintahan baik di Balai Kota (Kantor Wali Kota), DPRD hingga mengurusi berbagai partai. 

    Tahun 2007 awal menceburkan dirinya mengurus partai. Saat itu bersama Desmianto, Tarmizi Ahmad, Indra Rukmana dan teman-teman bergabung di Partai Demokrat Pekanbaru. "Itu awal menjadi pengurus partai politik," jelasnya.

    Terus berlanjut, karena sibuknya menjadi reporter, kemudian menjadi asisten redaktur, jadi asisten Koordinator Liputan dan kemudian menjadi Redaktur Halaman satu Riau Pos membuat terpesona dengan berbagai kejadian di nasional dan di Riau. 

    Sejak 2008 sudah fokus di keredaksian. Bahkan tergabung paling lama di liputan khusus Riau Pos. Alhamdulillah  ini juga menjadi tonggak pengalaman turun di berbagai daerah di Riau. "Kalau Riau rasanya sudah ditempuh semuanya," tegas Erwan yang merupakan anak kedua dari delapan bersaudara dari pasangan Sani dan Raimah ini.

    Kata putra tamatan SDN 041 dan SMPN Telukpambang ini, dari ujung daratan hingga ke ujung pulau sudah ditempuh bahkan bermalam bersama.  "Itulah pengalaman paling berharga di dunia jurnalistik bagi saya. Berbagai resam budaya dan tingkah polah masyarakat didedahkan di depan mata. Berbagai keluhan dan kesulitan diperdengarkan. Berbagai akses tak memadai dijumpai dan lainnya tak bisa didedahkan dengan tulisan ini," jelas Pria tamatan SMAN 2 Bengkalis ini.

    Dengan tunaknya di jurnalistik, akhirnya membuat birahi untuk bekecimpung ke dunia politik kembali muncul. Karena  sebagai tali atau urat nadi untuk bisa membangun kampung halaman di dunia politik inilah. 

    Terhitung 2016 lalu, Erwan atau di Telukpambang sering disebut Atan Sani ini kembali bergabung dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Riau. "Ujung pena lebih tajam kata orang. Tapi di dunia politik juga bisa memberikan pencerahan membuat kebijakan dan keputusan untuk sebuah pembangunan," kata Erwan yang sekarang membidangi kesejahteraan di Partai Demokrat Riau.

    Awalnya tak terbayangkan untuk menjadi calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Demokrat dapil Bengkalis I. Namun panggilan hati membuat ikut dalam pesta demokrasi Indonesia di 17 April 2019 mendatang. 

    Diakuinya, ada yang bertanya. "Betul ikut caleg?" salah seorang teman bertanya. Tapi saat itu Erwan dengan tegas mengatakan. "Bacaleg sudah. Tapi tunggulah pengumuman Daftar Caleg Tetap (DCT). Kalau ado berarti betul tu," jawab saya seadanya saat itu.

    Setelah ditetapkan sebagai Caleg, Iwan juga menyampaikan kepada keluarga, teman-teman waktu SMP dan SMA bahwa betul dirinya ikut dari Partai Demokrat. "Betul ikut caleg. Insyaalah Partai Demokrat SIAP,"’ jelas saya saat itu melalui jejaringan sosial dan juga telepon seluler saat itu.

    Saat itu, kata Erwan yang ditunjuk menjadi kepala Biro Riau Pos di Bengkalis  sejak awal 2018 menegaskan, "Balek ke kampung untuk membangun kampung. Kalau tak kite siape lagi, kalau tak sekarang bile lagi," jelas saya saat itu.

    Alhamdulillah, kata Erwan, pencalegkannya mendapat restu dari kedua orangtuanya Sani dan Raimah. "Saya sebelumnya minta izin same emak dan bapak. Alhamdulillah mereka setuju. Lanjutlah kalau tak sekarang bile lagi," kata ayah dari Hafizah Natasya menirukan ucapan kedua orangtuanya.

    Dijelaskan dia, hidup ini kalau tak ada dukungan kedua orangtua tak ada apa-apanya. Jadi restu dan dukungan orangtua nomor satu. "Kemudian dukungan orang-orang tua di kampung halaman juga menjadi penggerak untuk ikut caleg. Kita tak ada apa-apanya kalau tak dukungan dari masyarakat, teman, keluarga dan orangtua," tegas suami dari Wenni Husna menutup pembicaraan. (kpr*)



     
    Berita Lainnya :
  • Budak Awak Balek Kampung, Erwan: Kalau Tak Kito Siapo Lagi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved