www.kapurnews.com
 
Melalui Bekraf, Program IKKON Dorong 4 Sektor di Siak
Kamis, 11-10-2018 - 19:32:14 WIB

TERKAIT:
 
  • Melalui Bekraf, Program IKKON Dorong 4 Sektor di Siak
  •  


    KapurNews.com - Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Restog Krisna Kusuma mengatakan, pelaksanaan program Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON), di Kabupaten Siak terbilang sukses dan hasilnya luar biasa.

    "Tim yang kita kirim ke Siak saya harapkan dapat mengeksplor potensi karya kreatif, juga mampu mengangkat potensi lokal, dapat dikembangkan bentuk dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan kekinian. Pada akhirnya dapat memberi nilai tambah meningkatkan nilai ekonomi dan berorientasi pada pasar komersil," katanya, Kamis 11 Oktober 2018.

    Dijelaskannya, dengan komposisi tim berlatar belakang multidisiplin ilmu diharapkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan dapat lebih terintegrasi serta efektif dalam menghasilkan karya kreatif yang berkelanjutan, berdampak positif bagi pariwisata, ekonomi, sosial dan lingkungan di sekitar wilayah Siak.

    "Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Siak telah menerima tim IKKON ini dengan baik. Kami juga mengharapkan hasil kerja ini dapat menghasilkan karya yang produktif, tentu akan kita komersilkan bersama Pemda Siak," terangnya.

    Sebutnya lagi, tim IKKON yang sudah berada di Siak menemukan empat elemen pembentuk identitas yang kuat di Kabupaten Siak yakni Melayu, Islam, Sungai dan Istana di singkat MISI.

    Tim IKKON juga dalam mengelar pameran memilih tema "Kemilau Mahligai Melayuā€¯ tema ini memiliki makna mengembalikan kejayaan Melayu Siak di masa lalu.

    Perjuangan Kabupaten Siak untuk mendapatkan program IKKON dari Bekraf tidak mudah, dari 500 daerah tingkat II di Indonesian, dilakukan seleksi tahun 2018 ini hanya lima kabupaten dan kota yang terpilih, lima daerah tersebut adalah Kabupaten Siak, Kabupaten Belitung, Kota Singkawang, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Wakatobi. Kelimanya telah melalui proses dengan persyaratan, masuk dalam wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal), termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas nasional.

    "Daerah sendiri tidak mudah mendapatkan program IKKON ini, dibutuhkan komitmen daerah untuk memajukan ekonomi kreatifnya. Dari Lima daerah itu termasuk salah satunya Siak," terangnya.

    Tim IKKON 2018 terdiri dari 12 orang, mereka berasal disiplin ilmu, mulai dari Antropolog, Business Developer, Arsitek, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion dan Koreografer Tari yang didampingi mentor berlatar belakang desain interior, manajemen dan bisnis.

    Para desainer akan berkolaborasi dengan perajin lokal yang ada di Siak. Tim akan merancang program pengembangan yang terdiri dari empat bagian penting yaitu mapping, design process, prototyping, dan pameran inspirasi lokal. 

    Sementara dari surfey yang dilakukan Pariwisata Siak ada empat sektor yang dapat di kemas yaitu, kuliner, ekraf, desain produk, dan fashion. (kpr/rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Melalui Bekraf, Program IKKON Dorong 4 Sektor di Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    3 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    4 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    5 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    6 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    7 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
    8 Bertemu dengan Kadis Dipersip, Mahasiswa Kuansing di Jogya Dukung Gerakan Ayo Membaca
    9 Seperti Ini Gambaran 2 Fly Over yang Akan Dibangun di Pekanbaru
    10 Mantap!, Bupati Mursini Sebut Kuansing Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Riau
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved