www.kapurnews.com
 
PD yang Kerjakan Kegiatan DAK Diminta Segera Sampaikan Laporan
Selasa, 10-09-2019 - 13:46:39 WIB

TERKAIT:
 
  • PD yang Kerjakan Kegiatan DAK Diminta Segera Sampaikan Laporan
  •  


    KapurNews.com - Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang mengerjakan kegiatan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) diingatkan dan diminta segera menyampaikan laporan perkembangan pekerjaan.

    Penegasan itu disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, Heri Indra Putra, saat memimpin Rapat evaluasi realisasi fisik dan keuangan APBD Kabupaten priode 31 Agustus 2019, di lantai II kantor Bupati Bengkalis, Selasa 10 September 2019.

    “Sesuai intruksi Bapak Bupati Bengkalis, seluruh Perangkat Daerah yang menangani kegiatan DAK agar segera membuat laporan tertulis. Jika ada kendala, sampaikan apa saja kendalanya,” ungkap Heri Indra Putra.

    Seperti diketahui, pada tahun 2019 ini Kabupaten Bengkalis mendapatkan “kue” pembangunan dari pemerintah pusat mencapai Rp140 miliar lebih. Dana tersebut itu diperuntukan pada pembangunan fisik, infrastruktur, kesehatan, pendidikan keluatan dan perikanan maupun lingkungan hidup.

    Proses pencairan terhadap kegiatan yang dibiayai melalui DAK dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama pada priode 31 Juli dan selanjutnya pada tahap kedua yakni pada 31 Oktober. Khusus untuk proses tahap 31 Oktober 2019, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, mewanti-wanti kepada Perangkat Daerah untuk seceparnya melakukan proses administrasinya.

    Hal ini penting tegas Heri Indra Putra, untuk proses administrasi pencarian kegiatan yang menggunakan DAK harus terperinci. Jika laporan dan penyampaian administrasi terlambat, konsekwensinya anggaran tidak bisa dicairkan, sementara kegiatan yang dikerjakan.

    “Jangan sampai ada yang terlambat menyampaikan laporan dan adminstrasinya. Sebab jika terlambat, tidak anggaran tidak cair. Konsekwensiknya akan membebani APBD kabupaten Bengkalis pada priode selanjutnya,” tegas Heri.

    Ditegaskan Heri Indra Putra, besarnya anggaran DAK untuk Kabupaten Bengkalis pada tahun ini meningkat dratis dari sebelumnya sektiar Rp50 miliar menjadi Rp140 miliar lebih. Peningkatkan ini, berkat komitmen dan keseriusan Bupati Bengkalis Bapak Amril Mukminin yang jemput bola langsung menemui Menteri Keuangan agar DAK untuk Bengkalis ditambah.

    Pada pertemuan dengan Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, menekankan daerah penerima DAK agar komitmen melaksanakan kegiatannya. Jika DAK sudah dikucurkan, namun progres pembangunan tidak sesuai dengan harapan atau malah tidak dikerjakan, maka akan berpengaruh pada pengucuran DAK pada tahun berikutnya.

    Heri Indra Putra, juga menekan kepada Perangkat Daerah, jika kegiatan tidak bisa dilaksanakan karena berbagai faktor teknis maupun regulasi yang sering berubah, disarankan agar lebih instensif berkomunikasi dengan kementerian pemangku.

    “Kalau kendalanya di lapangan disebabkan berbagai faktor, seperti teknis dan lainnya. Segera komunikasikan kementerian pemangku. Jangan kita yang disalahkan,” ujarnya. (kpr/sf)



     
    Berita Lainnya :
  • PD yang Kerjakan Kegiatan DAK Diminta Segera Sampaikan Laporan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 Peranan Badan Kesbangpol dalam Membina Ormas dan LSM
    9 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    10 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved