www.kapurnews.com
 
Dua Ribuan Keping E-KTP yang Ditemukan dalam Keadaan Utuh
Minggu, 09-12-2018 - 19:22:49 WIB
E KTP ditemukan dalam karung
TERKAIT:
 
  • Dua Ribuan Keping E-KTP yang Ditemukan dalam Keadaan Utuh
  •  


    KapurNews.com - Ipit Soeparno, Ketua RW 11 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, mengatakan, ribuan keping KTP-el yang ditemukan di daerahnya masih dalam kondisi utuh. Tidak tampak ada kerusakan fisik pada seluruh KTP-el yang ditemukan pada Sabtu 8 Desember 2018.

    "Tidak ada satu pun KTP-el yang digunting ujungnya. Semua (diduga) asli. Masih utuh semua saat ditemukan," ujar Ipit ketika dihubungi Republika, Minggu 9 Desember 2018.

    Dia bersama warga sekitar sudah memeriksa dan menghitung jumlah KTP-el yang ditemukan. Dari hitungan itu, tercatat ada 2.158 keping KTP-el.

    Seluruh KTP-el tersebut ditemukan di area persawahan yang tidak jauh dari jalan raya. Tepatnya di Jl Karyabakti 6, RT 03/RW 11, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

    "Kalau dari jalan, lokasi penemuan hanya sekitar 200 meter saja. Yang menemukan anak-anak di sini, usia sekitar 6 tahun- 7 tahun," jelas Ipit.

    Seluruh KTP-el itu kini sudah diserahkan kepada Polsek Duren Sawit untuk diamankan. Dari semua KTP-el yang sempat diperiksa, diketahui jika memiliki alamat di Pondok Kopi.

    Namun, kata Ipit, sampai saat ini belum ada satu pun warga atau pihak-pihak yang menginformasikan adanya kehilangan KTP-el. "Kalau warga di daerah saya, juga belum ada yang melaporkan kehilangan KTP-el," tukasnya.

    Lebih lanjut Ipit menjelaskan kronologi penemuan ribuan KTP-el itu. Kejadiannya berawal ketika istri ketua RT di lingkungannya memberitahu adanya temuan KTP-el.

    Menurut istri ketua RT, sejumlah KTP-el ditemukan oleh seorang anak kecil. "Sekitar pukul 11.00 WIB, Bu RT meminta melaporkan kepada saya dan meminta saya mengamankan. Sebab, mungkin saja KTP-el itu punya warga dan kemungkinan jatuh. Kalau bisa dikembalikan kami akan kembalikan," ungkapnya.

    Belum sempat KTP-el dari istri ketua RT sampai di rumahnya, sejumlah anak-anak memberitahu Ipit bahwa ada banyak KTP-el ditemukan di area persawahan.  "Anak-anak itu memberitahu sambil membawa beberapa KTP-el. Saya pikir kok banyak ternyata. Kemudian saya menuju ke lokasi penemuan yang ditunjukkan anak-anak itu," katanya.

    Setibanya di sawah, Ipit melihat ternyata ada banyak sekali KTP-el yang sedang digunakan untuk bermain oleh anak-anak. Menurut pengakuan anak-anak, mereka tidak tahu kalau kepingan KTP-el  itu adalah kartu identitas kependudukan.

    "KTP-el itu sendiri ditemukan dalam karung, sekitar seperempat karung.  Mereka mengira itu kartu ATM. Kemudian ditabur-taburkan. Digunakan untuk bermain," tuturnya.

    Ipit kemudian meminta anak-anak itu mengumpulkan KTP-el tersebut. Menurutnya, jika tidak segera diamankan, akan rawan menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

    Ipit lantas menghubungi Lurah Pondok Kopi. Namun, yang bersangkutan sendang tidak ada di rumah.

    "Saya lalu menghubungi kepolisian. Sebab tidak ingin mengambil risiko. KTP-el itu sudah diamankan oleh kepolisian (Polsek Duren Sawit)," tambahnya.

    Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh, mengatakan timnya sudah melakukan pendampingan kepada Dinas Dukcapil DKI Jakarta terkait temuan ini. Zudan sendiri belum mau berkomentar banyak soal kasus ini.

    "Saya belum bisa memberikan keterangan. Kami juga belum mengontak Dinas Dukcapil DKI lagi. Namun , sejak kemarin tim dari Kemendagri sudah mendampingi Dinas Dukcapil DKI Jakarta sampai selesai," kata Zudan dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Ahad sore. Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhani Sukma, belum memberikan jawaban saat dimintai konfirmasi. (*)

    Sumber: Republika



     
    Berita Lainnya :
  • Dua Ribuan Keping E-KTP yang Ditemukan dalam Keadaan Utuh
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    PILIHAN EDITOR
    Dibuka Romi, 140 Peserta Perebutkan Tropi Andi Putra
    Buka FKI 2017, Ini yang Disampaikan Bupati Wardan Dihadapan Lebih dari 20.000 Masyarakat
    Ini Cerita Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki Bendera Merah Putih
    Mantap! Siswi MIN Pangean Raih Emas Diajang Aksioma Tingkat Nasional
    Muhammad Bakri Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional
     
     
    INDEKS BERITA
    1 3 Bendahara Bapenda Riau Ditahan, Rekan Kerja Menyaksikan dengan Isak Tangis
    2 10 Kepala Daerah di Riau Deklarasi Dukung Jokowi Ditegur Gubernur
    3 Terkait Pemasangan Baliho Mardianto Manan, Ini Penjelasan Koodinator Tim Pemenangan
    4 Pelayanan Kesehatan Amburadul, Mahasiswa Datangi Diskes Inhil
    5 Para Suami Jangan Santai, Waspada Tanda-Tanda Istri Mulai Bosan
    6 Umat Muslim Haram Gunakan Atribut Non-Islam
    7 45 Warga Mandah Inhil Keracunan Usai Makan di Pesta Pernikahan
    8 IPRY Siap Jadi Duta Pariwisata dan Budaya Kuansing
    9 Hasil Evaluasi, Ini Realisasi Fisik dan Keuangan Pemkab Bengkalis Tahun 2017
    10 Duh! Situs Diskominfotik Bengkalis Diretas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. KAPUR MEDIA INDONESIA, All Rights Reserved