Kapur News
Senin, 24 November 2014
Home / Panorama
Kesenian 33 Provinsi Meraihkan Pawai Budaya
Kapurnews.com | Kamis, 15 Agustus 2013 09:46 WIB
Tari_Zapin.jpg
kapurnews.com
Tari Zapin
Berita Terkait
Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti akan diramaikan dengan Pawai Budaya Nusantara 2013 di Jakarta. Apa saja yang akan dipertunjukkan oleh peserta pawai kepada warga Ibu Kota?

Tahun ini di ajang Pawai Budaya Nusantara 2013, beberapa daerah di Indonesia akan menampilkan kesenian dan seniman terbaik dari daerahnya. Pawai ini berupa karnaval yang diikuti oleh 4.000 seniman dari 33 provinsi seluruh Indonesia serta tiga BUMN.

Agar pengunjung tertarik, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu membocorkan pertunjukan yang akan ditampilkan saat Pawai Budaya Nusantara 2013 oleh seluruh kontingen daerah. "Dari Gorontalo akan menggarap Mopoyitohu Elengge, suatu tradisi masyarakat agraris dalam menumbuk padi yang diekspresikan dengan ceria dan gembira," kata Mari saat jumpa pers di Jakarta, belum lama ini.

Kemudian, kontingen dari Kalimantan Timur akan menampilkan tari Bening Hutan Wehea, yang menyerukan kesadaran akan hutan sebagai kelangsungan bumi dan manusia. Kontingen dari Papua Barat akan mempersembahkan tari Afo Refe, Engge dan Selawa, tiga tarian yang menggambarkan proses ritual pembelajaran tentang hal-hal yang bersifat sakral bagi anak laki-laki.

Tak mau kalah, kontingen Maluku Utara akan menampilkan tari perjuangannya, Tari Soya-Soya. Lalu, ada juga kontingen tuan rumah, yaitu DKI Jakarta, yang menampilkan Saujana Jakarta, ondel-ondel yang dipadu dengan tradisi dan budaya China dan Barat serta dimeriahkan oleh tari Betawi dan musik Tanjidor. Tak ketinggalan, kontingen Jawa Barat akan menampilkan Wayang Hihid Langgir Badong, suatu karya yang menginterpretasikan situasi politik Indonesia di masa kini.

Pawai Budaya Nusantara 2013 akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2013 di Monumen Nasional mulai pukul 14.30 WIB hingga 17.00 WIB. Pawai akan diikuti peserta dari 33 provinsi dan tiga BUMN. Rute pawainya adalah dari Monas masuk ke Istana Merdeka kemudian ke Balai Kota Jakarta lalu kembali ke Monas.


Komentar

© 2011 - 2014 kapurnews.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Web Design