Kapur News
Sabtu, 2 Agustus 2014
Home / Pendidikan
Mendikbud Minta Uang Kuliah Tunggal Disosialisasikan
Kapurnews.com | Selasa, 7 Mei 2013 09:01 WIB
mendik_nas.jpg
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) diminta melakukan sosialisasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada perguruan tinggi negeri yang menjadi sasaran. Hal ini untuk mengantisipasi salah paham pada mahasiswa yang memang harus membayar UKT.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan, UKT ini justru akan memudahkan mahasiswa dalam hal pembiayaan nantinya. Pasalnya, dengan UKT ini, seorang mahasiswa hanya tinggal membayar sekali saja tiap semester dan tidak lagi ada uang pangkal.

"Siapa yang bilang dengan adanya UKT malah akan menyusahkan. Justru ini diambil agar memudahkan mahasiswa," kata Nuh, Sabtu (4/5/2013) kemarin.

"Biasanya kan ada uang pangkal, uang bangunan, uang wisuda dan praktikum bayar lagi. kami mengumpulkan semua tarikan itu untuk dijadikan UKT," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya berusaha menekan sumber dana perguruan tinggi negeri yang berasal dari mahasiswa. Tidak hanya itu, ia juga mengharuskan perguruan tinggi negeri untuk membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiswa miskin.

"Jadi tolong dipahami dulu. Ini mungkin karena belum tahu konsepnya seperti apa. Dari Dikti saya akan minta sosialisasi agar semuanya jelas," imbuhnya. (kom/knc)


Komentar

© 2011 - 2014 kapurnews.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Web Design