Kapur News
Selasa, 2 September 2014
Home / Riau / Indragiri Hulu
Pemkab Inhu Keluarkan Imbauan Larangan Bakar Lahan
Kapurnews.com | Rabu, 20 Maret 2013 14:24 WIB
larangan_bakar_lahan.jpg
kapurnews.com
Indragiri Hulu, kapurnews.com-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mengeluarkan surat imbauan pada perusahaan perkebunan supaya tidak membakar lahan.

Dalam surat itu juga ditegaskan, jika ada perusahaan yang sengaja dan lalai sehingga lahannya terbakar, maka perusahaan tersebut akan dikenakan denda dan ancaman hukuman penjara.

“Surat imbauan ini sudah dilayangkan pada seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab Inhu, masyarakat dan sejumlah perusahaan-perusahaan perkebunan di Inhu,” kata Kepala BLH Inhu, M Bayu, Selasa (19/3).

Dijelaskan, dalam surat imbauan No:1950/SATLAKDALKARHUTLA/V/2012 tentang Kebakaran Hutan dan lahan tertanggal 28 Mei 2012, ditanda tangani Bupati Inhu tersebut, jelas dibunyikan bahwa, perusahaan atau masyarakat yang sengaja atau lalai saat membuka lahan, sehingga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang mengganggu lingkungan, maka akan dikenakan sanksi hukum sesuai UU No 32 Tahun 2009, Pasal 69 ayat 1 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dalam UU itu jelas dibunyikan bahwa setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, jika itu terjadi, maka akan diancam hukuman penjara minimal 3 tahun atau denda Rp3 miliar dan maksimal hukuman penjara 10 tahun atau denda Rp10 miliar. (*/hr/knc)


Komentar

© 2011 - 2014 kapurnews.com. All Right Reserved | Redaksi | Contact Us | Info iklan | Website By Web Design